Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Manfaatkan Keberadaan Perpustakaan Untuk Menambah Ilmu Pengetahuan

  • Oleh Donny Damara
  • 27 Agustus 2023 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua Komisi III DPRD Kalteng Siswandi mengajak masyarakat terutama generasi muda agar dapat memanfaatkan keberadaan perpustakaan, baik yang ada di daerah maupun desa untuk menambah ilmu pengetahuan.

Menurutnya, perpustakaan merupakan salah satu tempat gudang ilmu yang harus dimanfaatkan dengan baik. Minat baca perlu ditingkatkan, sebab belajar itu tidak hanya di sekolah saja tapi juga bisa di perpustakaan dalam rangka memperdalam ilmu pengetahuan.

"Terlebih bagi mereka yang usia sekolah maupun mahasiswa. Membaca itu sangat bagus untuk mengembangkan pengetahuan, keberadaan perpustakaan menjadi salah satu tempat yang bisa dimanfaatkan untuk menggali berbagai informasi terkait ilmu pengetahuan," ucapnya, Minggu, 27 Agustus 2023.

Ia mengungkapkan, budaya membaca khususnya buku diera perkembangan zaman teknologi saat ini perlahan ditinggalkan. Kebanyakan anak-anak usia sekolah hanya memilih belajar di sekolah dan setelahnya hanya berjibaku dengan handphone atau semacamnya.

"Padahal banyak buku di perpustakaan yang bisa dipinjam lalu dibaca dirumah. Jadi pendidikan itu tidak hanya didapatkan di sekolah saja tapi juga melalui perpustakaan yaitu dengan membaca. Ketimbang main game tidak ada manfaatnya bagi ilmu pengetahuan," ujarnya.

Disebutkannya bahwa, sebenarnya tidak ada yang salah dengan perkembangan teknologi akan tetapi bagi anak-anak usia sekolah harus ada batasan dalam penggunaannya, jangan sampai melupakan kewajiban yakni belajar. Untuk mengedukasi hal ini perlu peran bersama baik pemerintah maupun para orang tua.

"Pemerintah melalui satuan pendidikan bisa memberikan edukasi terkait batasan penggunaan teknologi misalnya handphone begitu juga dengan orang tua dirumah. Tekankan untuk mengutamakan pembelajaran terlebih dahulu, dengan begitu harapan kita SDM khususnya di Kalteng ini kedepan akan semakin berkembang maju serta berkualitas," pungkasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru