Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemilih Pemula di Lamandau Diajak Sukseskan Pemilu 2024

  • Oleh Hendi Nurfalah
  • 31 Agustus 2023 - 16:30 WIB

BORNEONEWS, Nanga Bulik - Bupati Lamandau Hendra Lesmana mengajak para pemilih pemula untuk ikut serta dalam menyukseskan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak yang digelar 14 Februari tahun 2024.

Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan dalam acara sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu) dan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2024 kepada pemilih pemula di Gedung Pertemuan Umum (GPU) Lantang Torang Nanga Bulik, Kamis, 31 Agustus 2023.

“Pemilu adalah wadah dari kedaulatan rakyat untuk memilih anggota DPR, anggota DPD, Presiden dan Wakil Presiden, serta untuk memilih anggota DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten Kota. Tentunya bagi para pemilih muda yang masih duduk di bangku sekolah, juga harus melaksanakan Pemilu secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil,” ungkapnya.

Dalam rangka menyambut pesta demokrasi yang akan diselenggarakan secara serentak pada Februari 2024 mendatang, lanjut dia, peran dari generasi muda tentunya sangat penting terhadap persoalan bangsa Indonesia saat ini.

“Peran dari pemilih muda dalam Pemilu berada antara antusiasme dan apatisme politik, pada satu sisi sangat bersemangat dan ingin mengetahui seputar pemilu,” ucapnya.

Untuk mencegah terjadinya politisasi terhadap pemilih pemula seperti minimnya pemahaman terkait dengan teknis pencoblosan, dan lain sebagainya, lebih jauh dikatakan Bupati, maka stakeholder terkait, untuk dapat lebih intens dalam melakukan literasi politik kepada pemilih muda.

“Misalnya dengan cara melakukan pendidikan pemilih kepada pemilih muda agar menjadi pemilih yang cerdas, pemilih cerdas yang mengedepankan rasionalitas dalam menentukan pilihannya,” terangnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Bupati berpesan agar pemilih muda dapat menggunakan hak pilihnya dalam pesta demokrasi tahun 2024, dalam menentukan masa depan bangsa ini.

“Di tengah perkembangan teknologi ini kita harus mampu memilah informasi yang akurat apalagi informasi tersebut berkaitan erat dengan Pemilu mendatang,” tandasnya. (HENDI NURFALAH/J)

Berita Terbaru