Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Perhatikan Peladang Tradisional, Dewan Harapkan Payung Hukum Yang Kuat

  • Oleh Marini
  • 26 September 2023 - 23:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalimantan Tengah (Kalteng) Ina Prayawati mengungkapkan, pentingnya segera membentuk sebuah payung hukum dalam bentuk peraturan aerah (Perda) yang bertujuan melindungi sektor pertanian yang dikelola oleh masyarakat. 

Tentu hal tersebut, karena faktor saat masyarakat ingin berlandang selalu dikaitkan karena penyebab Kebakaran Hutan dan Lahan (Kathutla). Perlu dilakukan keberlanjutan sektor pertanian, yang menjadi salah satu pilar penting dalam pemenuhan kebutuhan pangan.

"Apalagi bagi beberapa wilayah Kalteng yang masih mempertahankan berladang secara tradisional, dalam membuka lahan ada yang dibakar. Karena kondisi tanah kita disini rata-rata gambut. Bukan sama seperti pulau jawa yang bisa dibajak," ucapnya, Selasa, 26 September 2023.

Menurutnya, sejalan dengan program-program pemerintah pusat seperti food estate. Ia menyampaikan bahwa sektor pertanian yang dijalankan oleh masyarakat Kalteng memiliki potensi besar sebagai kontributor utama dalam penyediaan pangan lokal.

"Oleh karena itu, penting bagi pemerintah daerah untuk mengambil langkah-langkah konkret dalam melindungi sektor ini melalui pembentukan Perda. Untuk melindungi pertanian masyarakat, yang bisa sewaktu-waktu terancam," ujarnya.

Sektor pertanian di Kalteng dianggap sebagai salah satu sektor unggulan yang harus terus dikembangkan dan diberikan perlindungan. Pengembangan sektor pertanian ini dirinya mengharapkan mendapatkan dukungan yang cukup baik dalam bentuk bantuan maupun melalui upaya hukum yang kuat. (MARINI/H)

Berita Terbaru