Aplikasi Pilgub (Pemilihan Gubernur) Propinsi Sulawesi Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sejumlah Puskesmas Gumas Kaji Banding Pelajari Proses Akreditasi Puskesmas Ketapang I Kotim

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 26 September 2023 - 23:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Sebanyak 10 Puskesmas dari Kabupaten Gunung Mas melakukan kaji banding untuk mempelajari proses akreditasi Puskesmas Ketapang I, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kabupaten Kotawaringin Timur.

"Ada 10 Puskesmas yang akan akreditasi maka sebelumnya kami ingin belajar dari Kabupaten Kotawaringin Timur kiat-kiatnya seperti apa sehingga mereka bisa mendapatkan akreditasi Paripurna," kata Wakil Bupati Gunung Mas, Efrensia L.P. Umbing saat mendampingi perwakilan dari 10 Puskesmas melakukan kaji banding, Selasa, 26 September 2023.

Kata dia, akreditasi Paripurna ialah akreditasi tertinggi yang menunjukkan pelayanan terbaik untuk fasilitas kesehatan. Sehingga pelayanan kepada masyarakat menjadi lebih baik.

Oleh karena itu, 10 Puskesmas dari Kabupaten Gunung Mas yang akan mengajukan reakreditasi perlu mempelajari langkah-langkah Puskesmas Ketapang I yang lebih dulu memperoleh akreditasi Paripurna.

"Akreditasi ini adalah penilaian yang diberikan oleh lembaga independen. Mereka yang menilai secara objektif. Kami berharap kaji banding ini bisa memberikan ilmu dan berbagai pengalaman dari Kotim kepada Gunung Mas," imbuhnya.

Dia berharap, 10 dari 17 Puskesmas yang ada di Gunung Mas tersebut mampu menerapkan langkah-langkah agar memperoleh akreditasi Paripurna.

"Target kami 10 yang mengajukan reakreditasi semuanya mendapatkan Paripurna. Sebelumnya puskesmas kami sudah akreditasi tetapi belum mencapai paripurna sehingga kami ini Gunung Mas mencapai paripurna, karena itu menjadi indikator kualitas mutu pelayanan di bidang kesehatan," tutupnya. (DEWI PATMALASARI/H)

Berita Terbaru