Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Uji Publik I KLHS-RPJPD Gunung Mas Tahun 2025-2045 untuk Menghimpun Masukan dari Masyarakat

  • Oleh Riska Yulyana
  • 27 September 2023 - 23:35 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Kegiatan uji publik I Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS) Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Gunung Mas Tahun 2025 – 2045 untuk menghimpun masukan dari masyarakat dan pemangku kepentingan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Bupati Gunung Mas Jaya S Monong melalui sambutan tertulis yang dibacakan oleh Pj Sekda Richard pada kegiatan uji publik I KLHS-RPJPD Gumas 2025-2045, Rabu, 27 September 2023.

"Uji Publik I KLHS RPJPD ini bertujuan untuk menjaring dan menghimpun masukkan serta harapan masyarakat dan pemangku kepentingan mengenai isu-isu strategis," ujarnya.

Lanjut dia, kegiatan tersebut juga penentuan isu-isu strategis prioritas dan capaian tujuan pembangunan berkelanjutan terkait dengan kebijakan rencana program dalam rancangan awal RPJPD kabupaten Gunung Mas Tahun 2025 - 2045.

Richard mengatakan bahwa sebelumnya telah dilakukan pertemuan awal (Kick off meeting) bersama anggota tim untuk menyamakan persepsi dalam pelaksanaan penyusunan KLHS RPJPD. Pertemuan kedua berupa Focus Group Discusion (FGD) untuk mengumpulkan data capaian indikator tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB).

Kemudian dia mengatakan, terintegrasinya KLHS dalam dokumen RPJPD sangat penting, agar segala dampak negatif yang mungkin muncul dalam pelaksanaan pembangunan daerah kita untuk 20 tahun ke depan dapat diminimalisir. 

Dapat dikatakan bahwa KLHS merupakan pendekatan strategis jangka panjang maupun menengah dalam pengelolaan lingkungan hidup menuju pembangunan yang berkelanjutan. 

"Melalui uji publik I ini diharapkan penyusunan KLHS dapat melalui tahapan proses yang baik, untuk itu dibutuhkan adanya peran, masukan dan saran positif dan konstruktif dari peserta forum uji publik I ini," tukasnya. (RISKA YULYANA/H)

Berita Terbaru