Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Hari Rabies Sedunia, Semakin Semangat Cegah Kasus Rabies

  • Oleh Testi Priscilla
  • 28 September 2023 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Memperingati Hari Rabies Sedunia atau World Rabies Day yang disingkat WRD tepat hari ini, Kamis, 28 September 2023, semangat untuk mencegah kasus rabies harus semakin ditingkatkan.

"Hari ini kita memperingati WRD, tepat 28 September 2023. Harapan kita vaksinator, teman-teman dinas dan masyarakat semakin semangat untuk mencegah kasus rabies terjadi di Palangka Raya," kata Kepala Puskeswan Kota Palangka Raya, drh Eko Hari Yuwono pada Kamis, 28 September 2023.

Meski WRD diperingati hari ini, namun karena bertepatan dengan Maulid, maka kegiatan peringatannya pun ditunda menjadi 7 Oktober mendatang.

Memang sejak memasuki bulan September, masyarakat telah menantikan momen Hari Rabies Sedunia ini. Pasalnya, momen WRD, beberapa tahun terakhir ini, Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan atau DPKP menyelenggarakan kegiatan steril gratis dan Vaksinasi Rabies.

"Tahun ini kita kembali mengadakan program untuk memperingati HRS dengan melaksanakan program steril gratis bagi anjing dan kucing jantan lokal tapi nanti, tanggal 7 Oktober itu secara serentak seluruh Indonesia," terangnya.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini juga DPKP membuka slot steril gratis meskipun tidak sebanyak tahun lalu.

"Tahun lalu kita sampai 55 ekor, tahun ini hanya 40 ekor dan itupun sudah terpenuhi kuotanya," terang Eko lagi.

Meski kuota steril gratis sudah terpenuhi, lanjut Eko, masyarakat masih bisa terlibat dalam WRD ini nantinua melalui program lainnya.

"Kita juga sediakan pemeriksaan kesehatan hewan secara gratis, pemberian vitamin, serta pemberian vaksinasi rabies secara gratis. Jadi untuk masyarakat silakan datang ke kantor DPKP pada tanggal 7 Oktober 2023 nanti," tutur Ketua Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia atau PDHI Provinsi Kalimantan Tengah ini. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru