Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinas Kesehatan Kotim Bagikan Masker Gratis untuk Masyarakat

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 03 Oktober 2023 - 07:20 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) membagikan masker gratis untuk masyarakat, Senin, 2 Oktober 2023.

"Hari ini kami membagikan masker gratis untuk masyarakat di 3 lokasi," kata Kepala Dinas Kesehatan Umar Kaderi melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nugroho Kuncoro Yudho, Senin, 2 Oktober 2023.

Hal itu ia sampaikan saat rapat evaluasi status tanggap darurat bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Gedung Pusdalops Kantor BPBD Kotim.

Lanjutnya, lokasi pembagian masker gratis tersebut yakni di simpang Sawit Raya, simpang Jalan A Yani dengan Jalan HM Arsyad, dan simpang SMA 3 Sampit dengan SMK 1 Sampit.

"Hari ini dari KKP juga membagikan masker gratis di simpang Pramuka," ujarnya.

Masker dibagikan gratis tersebut sebanyak 2.000 lembar dari Dinkes Kotim dan 300 lembar dari KKP.

Diketahui, Senin, 2 Oktober 2023, kabut asap di Kabupaten Kotawaringin Timur sangat pekat. Tak hanya jarak pandang terbatas, hal itu juga berdampak buruk terhadap kesehatan. Kasus ISPA di Kotim pun menjadi sorotan karena terus mengalami peningkatan dari minggu ke 38 sebanyak 819 kasus menjadi 888 kasus pada minggu ke 39.

"Kebanyakan penderitanya orang dewasa. Mungkin karena orang dewasa lebih sering beraktivitas di luar ruangan tanpa mengenakan masker," kata dia.

Guna mencegah kembali terjadinya lonjakan kasus ISPA, Dinas Kesehatan Kabupaten Kotawaringin Timur mengimbau masyarakat agar melaksanakan pola hidup bersih dan sehat dengan rutin berolahraha minimal 30 menit per hari, makan buah-buahan, banyak minun air putih dan cukup istirahat.

"Bagi masyarakat yang melaksanakan aktifitas di luar rumah atau berpergian agar selalu menggunakan masker," tandasnya. (DEWI PATMALASARI/H)

Berita Terbaru