Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dewan Kalteng Minta PBS Utamakan Rekrut Tenaga Kerja Lokal

  • Oleh Donny Damara
  • 07 Oktober 2023 - 13:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Siti Nafsiah meminta kepada perusahaan besar (PBS) yang beroperasi di wilayah Kalteng ini untuk dapat mengutamakan merekrut tenaga kerja lokal.

Menurutnya, merekrut tenaga kerja lokal merupakan salah satu upaya dalam rangka memberdayakan masyarakat yang ada, hal inilah yang harus senatiasa diperhatikan oleh setiap PBS yang beroperasi di provinsi ini.

"Mengutamakan merekrut tenaga kerja lokal akan dapat membantu masyarakat untuk sejahtera terutama dari segi perekonomian. Wajib bagi perusahaan memperhatikan tenaga kerja lokal," katanya, Sabtu, 7 Oktober 2023.

Ia mengungkapkan, di Kalteng sendiri sampai saat ini masih ada sejumlah PBS yang minim merekrut tenaga kerja lokal, salah satu contohnya yaitu seperti yang terjadi di Desa Jahanjang, Kabupaten Katingan.

Di mana saat melaksanakan reses beberapa waktu lalu, masyarakat di desa itu mengeluh karena tenaga kerja lokal sangat minim direkrut oleh PBS yang beroperasi di wilayah sekitaran desa setempat.

"Warga desa itu minim yang bekerja di perusahaan yang ada. Padahal semenjak perusahaan masuk di wilayah itu sangat besar harapan mereka bisa diberdayakan, tapi kenyataannya tidak demikian," ungkapnya.

Ia mengatakan, PBS harusnya dapat berimbang dalam merekrut tenaga kerja dan yang paling diutamakan yaitu masyarakat sekitar. Apabila memang terkendala terhadap skill atau kemampuan ada baiknya diberikan pelatihan.

"PBS harus bisa menjadikan masyarakat sekitarnya sebagai mitra dalam upaya mengembangkan usaha dan itu artinya akan saling menguntungkan. Jangan sampai masyarakat diabaikan," tukasnya. (DONNY D/H)

Berita Terbaru