Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Belum Miliki Alat Pemantau Kualitas Udara, DLH Kapuas Programkan Pengadaannya Tahun Depan

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 10 Oktober 2023 - 17:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kapuas saat ini masih belum memiliki alat pemantau kualitas udara. 

Hal itu diakui Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kapuas Karolinae. Karenanya pihaknya akan mengusulkan atau memprogramkan pengadaan alat Air Quality Monitoring System (AQMS) untuk mengetahui tingkat pencemaran udara dan melihat perkembangan Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU).

"Kami usulkan tahun anggaran 2024, rencananya akan dilakukan pengadaan alat pemantau kualitas udara AQMS yang portabel atau ukuran kecil saja," kata Karolinae, Selasa, 10 Oktober 2023.

Menurut Karolinae, Pemkab Kapuas sendiri di tahun 2015 memiliki alat pemantau kualitas udara tersebut, namun setelah lama dipakai secara maraton saat kabut asap kala itu, di tahun 2016 alat tersebut rusak.

"Pernah kita mau meminjam alat AQMS ini di pusat Kementerian Lingkungan Hidup tapi sulit dalam mengoperasionalkannya dan memerlukan uji lab," ucapnya.

Sehingga, dia berharap di tahun depan mudah mudahan alat tersebut dapat diadakan. "Hal ini sudah disampaikan kepada Pj Bupati dan beliau setuju, semoga bisa dianggarkan untuk pembelian alat tersebut," tandasnya.

Adapun keberadaan alat tersebut cukup penting, mengingat belakangan ini sempat terjadi kabut asap yang melanda Kabupaten Kapuas akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla), sehingga penting diketahui kualitas udaranya. (DODI/H)

Berita Terbaru