Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Museum Balanga Gelar Ritual Mamapas Manyadingen Ramu

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 17 Oktober 2023 - 18:05 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalimantan Tengah melalui Museum Balanga menyelenggarakan Ritual Mamapas Manyadingen Ramu.

Ritual ini dilaksanakan sejak 15 s.d 17 Oktober 2023, bertempat di UPT. Museum Balanga Kalteng, Jl Tjilik Riwut Km 2,5 Palangka Raya.

Rangkaian kegiatan ritual Mamapas Manyadingen Ramu ini bertujuan untuk membersihkan dan mendinginkan benda-benda pusaka dayak.

Benda pusaka tersebut mulai dari balanga, guci, tombak, mandau, sapundu, piring, sangku sampai benda-benda leluhur suku dayak lainnya yang sarat akan sejarah dan budaya suku dayak, di museum.

“Ritual ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun oleh Museum Balanga,” kata Kepala UPT. Museum Balanga Kalimantan Tengah Hartini Titin, dalam keterangannya, Senin, 16 Oktober 2023.

Ia menilai ritual ini sangat penting untuk museum Balanga, hal ini dimaksudkan untuk membersihkan dan mensucikan benda-benda pusaka.

“Supaya tidak mempengaruhi dan mengganggu baik pengunjung maupun pegawai-pegawai yang ada di sini,” ucapnya. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru