Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

MES Kalteng Apresiasi Rencana Pengukuhan KDEKS

  • Oleh Apriando
  • 22 Oktober 2023 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sekretaris Umum Pengurus Wilayah Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Provinsi Kalimantan Tengah, H Heru Hidayat menyambut baik atas rencana kunker Wapres bersama KNEKS untuk mengukuhkan pengurus Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Kalimantan Tengah.

Wapres Prof K.H Ma'ruf Amin rencananya turut mengukuhkan para pengurus Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Kalimantan Tengah. Rencananya, kunjungan kerja (Kunker) Wakil Presiden (Wapres) Republik Indonesia Prof. K.H. Ma’aruf Amin ke Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah dipusatkan di Aula Kantor Gubernur Kalimantan Tengah pada Selasa, 24 Oktober 2023.

Heru berharap, dengan keberadaan KDEKS nantinya, dapat mengakselerasi pengembangan ekonomi dan keuangan syariah di Kalimantan Tengah, sehingga turut membantu mewujudkan target menjadikan Indonesia sebagai pusat produsen halal terkemuka di dunia.

‘’Dengan rencana terbentuknya KDEKS Provinsi Kalimantan Tengah, maka akan ada akselerasi implementasi program-program ekonomi dan keuangan syariah di Kalimantan Tengah,’’ ujar tokoh pemuda Kalimantan Tengah ini, Minggu, 22 Oktober 2023 

Tidak hanya itu, dalam upaya mempercepat sertifikasi halal, pengembangan wisata halal, industri halal, dana sosial syariah, potensi pengembangan zakat dan wakaf di Provinsi Kalteng, sangat diharapkan dukungan dari semua pihak agar dapat dirasakan oleh masyarakat, terlebih dengan penguatan literasi mengenai ekonomi dan keuangan syariah.

"Semoga dengan adanya KDEKS Kalimantan Tengah bisa menjadi garda terdepan dalam implementasi kebijakan perluasan pengembangan ekonomi dan keuangan syariah, termasuk peningkatan literasi kepada masyarakat," ungkapnya.

Heru Hidayat berpandangan Potensi ekonomi dan keuangan syariah cukup besar. Kedepannya, Provinsi Kalteng diharapkan bisa memiliki perbankan syariah yang mandiri, terpisah dari perbankan induknya meski dimulai dari Unit Usaha Syariah (UUS) 

Menurut Heru, MES Kalteng akan terus melakukan upaya kolaborasi dengan berbagai pihak untuk membangun ekosistem ekonomi dan keuangan syariah di Kalteng. Dalam hal ini, MES Kalteng menargetkan tahun 2023 literasi kepada 1.000 santri kerja sama Bursa Efek Indonesia Kalteng, Phintacro Sekuritas, Literasi kepada kalangan anak muda kerja sama dengan Bank Indonesia Kalteng, Sekolah Pasar Modal Syariah yang akan dilaksanakan di Kapuas dan Kotawaringin Timur pada bulan Oktober ini.

"Dengan adanya KDEKS Kalimantan Tengah diharapkan akan menjadi penguat bergerak dari daerah bersama para pihak pemangku kepentingan untuk kolaborasi mewujudkan ekosistem ekonomi dan keuangan syariah, pemetaan potensi dan menyiapkan SDM di Kalimantan Tengah," pungkasnya .(APRIANDO/Y)

Berita Terbaru