Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dinsos Kapuas Kembali Optimalkan Fungsi SLRT Puskesos

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 24 Oktober 2023 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kapuas kembali mengoptimalkan fungsi Sistem Layanan Rujukan Terpadu Pusat Kesejahteraan Sosial (SLRT - Puskesos).

Kepala Dinsos Kapuas, Yanmarto mengatakan hal itu dilakukan dalam rangka memperluas akses layanan sosial terutama bagi masyarakat prasejahtera.

"Sehingga, saat ini kita sedang berupaya untuk mendorong kembali optimalisasi fungsi SLRT-Puskesos yang merupakan instrumen penting dalam sistem pelayanan sosial bagi masyarakat khususnya masyarakat prasejahtera," katanya, Selasa, 24 Oktober 2023.

SLRT-PUSKESOS di Kabupaten Kapuas sejatinya telah dicangkan oleh Kemensos sejak tahun 2020, namun sampai saat ini dirasakan belum optimal. Fungsi utama SLRT-PUSKESOS adalah berupa Pendampingan, Pemberdayaan dan Advokasi Sosial bagi masyarakat terutama masyarakat prasejahtera.

Disampaikan Yanmarto, masyarakat prasejahtera yang selama ini sudah tercatat dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) belum semuanya tersentuh oleh akses layanan sosial disebabkan oleh berbagai hal salah satunya kurangnya aksesibiltas layanan sosial. Aksebilitas tersebut bisa berupa layanan dasar seperti layanan kesehatan, pendidikan dan layanan sosial lainnya.

“Oleh karenanya dalam rencana anggaran tahun 2024, Pemkab Kapuas dengan dukungan pemerintah pusat dan provinsi bahkan dengan pelibatan dunia usaha, berencana akan meningkatkan cakupan layanan dasar sosial misalnya BPJS Kesehatan Gratis bagi masyarakat prasejahtera menuju UHC dan BPJS Ketenagakerjaan Gratis untuk pekerja rentan bukan penerima upah,” jelasnya. (DODI/H)

Berita Terbaru