Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kasus Cacar Monyet Belum Masuk Kalteng Tapi Perlu Upaya Pencegahan

  • Oleh Marini
  • 25 Oktober 2023 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Suyuti Syamsul mengatakan bahwa kasus cacar monyet belum masuk KE Kalteng. 

Meski demikian, ia menyarankan untuk tetap melakukan langkah-langkah pencegahan. "Sampai sekarang, wilayah Kalteng belum masuk cacar monyet, namun alangkah pentingnya kita melalukan pencegahan," katanya, saat dikonfirmasi, Borneonews.Co.Id, Rabu, 25 Oktober 2023.

Dia menuturkan, cacar monyet berupa virus yang awalnya menular dari hewan ke manusia melalui cakaran atau gigitan hewan, seperti monyet yang terinfeksi virus monkeypox.

Penularan virus monkeypox juga dapat terjadi lewat kontak langsung dengan cairan tubuh hewan yang terinfeksi. Cacar monyet menyebar antarmanusia melalui percikan liur yang masuk melalui mata, mulut, hidung, atau luka di kulit. 

"Penularan juga bisa terjadi melalui benda yang terkontaminasi, seperti pakaian penderita," tandasnya.

Virus cacar monyet termasuk dalam genus Orthopoxvirus dalam famili Poxviridae. Virus ini dapat dilakukan pencegahan melalui beberapa tindakan. 

Pertama, hindari kontak dengan hewan yang dapat menjadi reservoir virus (termasuk hewan yang sakit atau yang ditemukan mati di daerah di mana cacar monyet terjadi).

Kedua, hindari kontak dengan bahan apa pun, seperti tempat tidur, yang pernah bersentuhan dengan hewan yang sakit.

Ketiga, pisahkan pasien yang terinfeksi dari orang lain yang mungkin berisiko terinfeksi. Selanjutnya, lakukan cuci tangan yang baik dan benar setelah kontak dengan hewan atau manusia yang terinfeksi.

Berikutnya, menggunakan alat pelindung diri (APD) saat merawat pasien yang terinfeksi, memasak daging dengan benar dan matang. (MARINI/Y)

Berita Terbaru