Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Museum Sebagai Wahana Ekonomi Kreatif

  • Oleh Marini
  • 26 Oktober 2023 - 06:55 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Adiah Chandra Sari mengatakan bahwa museum tidak hanya bergerak di sektor budaya, melainkan juga bergerak disektor ekonomi kreatif.

Menurutnya, museum memiliki potensi besar sebagai sumber inspirasi. Koleksi museum yang memang memiliki nilai seni tinggi, bahkan bangunan dan situs yang jadi bagian komplek sebuah museum dapat menjadi sumber inspirasi memang pantas untuk mengembangkan kreasi seni dan ekonomi kreatif.

"Berbagai potensi yang dimiliki museum dalam upaya pengembangan ekonomi kreatif dapat kita laksanakan," katanya saat memberikan kata sambutan pada Pameran Temporer, bertempat di UPT. Museum Balanga Kalteng, Jalan Tjilik Riwut Km. 2,5 Palangka Raya, Selasa, 24 Oktober 2023. 

Selain itu, ia mencontohkan dari penyelenggaraan acara di Museum Balanga yang terdapat di Kota Palangka Raya, mampu diharapkan memperoleh berbagai masukan untuk pengembangan museum tersebut.

Dimulai dari berbagai kalangan dengan beragam profesi, pelaku seni dan pelaku ekonomi kreatif.

"Melihat potensi yang dimiliki museum ini sudah waktunya kita bersama-sama mengambil peran yang lebih besar dalam memanfaatkan potensi dan peluang," ajaknya.

Ia menambahkan, museum dapat dijadikan sebagai destinasi wisata yang inspiratif untuk pengembangan ekonomi kreatif di masa mendatang. (MARINI/j)

Berita Terbaru