Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kadisdik Kalteng Kenalkan Suku Dayak di Kongres Bahasa Indonesia

  • Oleh Testi Priscilla
  • 27 Oktober 2023 - 19:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Diawali dengan salam khas suku Dayak yang berbunyi "Adil Katalino, Bacuramin Kasaruga, Basengat Kajubata", Plt Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalteng, Eka Aprilianty memperkenalkan suku Dayak dalam perhelatan Kongres Bahasa Indonesia XII pada Rabu, 25 Oktober 2023.

Dalam kesempatan tersebut, Plt Kadisdik menjelaskan sebagian besar penduduk Kalimantan Tengah terdiri atas suku Dayak.

"Suku bangsa Dayak sendiri terdiri atas beberapa sub suku bangsa, yang memiliki beberapa bahasa daerah," kata Eka dalam rilisnya pada Jumat, 27 Oktober 2023.

Bahasa Dayak Nyaju, lanjutnya, adalah Bahasa Dayak yang paling luas digunakan di Kalimantan Tengah, terutama di daerah sungai Kahayan dan Kapuas.

"Bahasa Dayak Ngaju terbagi dalam berbagai dialek seperti bahasa Dayak Katingan dan Rungan," jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, Bahasa Ma`anyan dan Ot Danum juga banyak digunakan. "Bahasa yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah Bahasa Banjar. Hal ini dikarenakan memiliki kedekatan geografis dengan daerah Kalimantan Selatan yang mayoritas dihuni oleh orang suku Banjar, dan cukup banyak orang Banjar yang merantau ke Kalimantan Tengah. Bahasa lainnya adalah bahasa Jawa, Bahasa Bugis, Bahasa Batak, dan lain sebagainya yang dibawa pendatang," jelasnya lagi.

Sementara itu, dalam rilis yang diterima Borneonews dari Balai Bahasa Provinsi Kalteng disampaikan bahwa untuk mengawali Kongres Bahasa Indonesia atau KBI XII, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa atau yang dikenal Badan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi atau Kemendikbudristek menyelenggarakan Taklimat Media dan Pameran Kebahasaan dan Kesastraan di The Sultan Hotel and Residences, Jakarta.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Aminudin Aziz. "Sebagai tindak lanjut atas rekomendasi pada KBI XI tahun 2018 sekaligus menjaga momentum penyelenggaraan KBI sebagai forum untuk mengevaluasi dan merancang kebijakan pengembangan dan pembinaan bahasa di Indonesia, Kemendikbudristek melalui Badan Bahasa menyelenggarakan KBI XII di Jakarta pada Oktober 2023," ucap Aminudin Aziz dalam rilisnya. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru