Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Bengkalis Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Sugianto Sabran: Pemekaran Wilayah Diperlukan Untuk Mempercepat Pembangunan

  • Oleh Donny Damara
  • 27 Oktober 2023 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Gubernur Kalteng Sugianto Sabran menegaskan pemekaran wilayah Kalteng agar dijadikan setidaknya dua provinsi sebagai upaya mempercepat pembangunan.

Menurutnya, pemekaran provinsi ini bisa membantu pemerintah lebih fokus pada pembangunan di setiap wilayah dan memastikan bahwa semua warga mendapatkan manfaat dari pembangunan tersebut.

"Pemekaran wilayah itu diperlukan semata-mata untuk mempercepat pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat Kalteng," katanya ketika menyampaikan harapan ke Ketua Dewan Pertimbangan DOB, KH Ma'ruf Amin juga sebagai Wapres RI dalam kegitaan pengukuhan KDEKS Kalteng pada tangga 24 Oktober 2023 lalu.

Sugianto menyebut, Kalteng ini terlalu luas jika hanya terdiri dari satu provinsi saja. Padahal kekayaan alamnya sangat melimpah dan perlu dikelola lebih optimal. Sehingga diperlukan pemekaran agar pengelolan kekayaan alam itu dan pembangunan bisa dilakukan dengan optimal dan cepat.

"Karena kami ingin melayani masyarakat kami, ingin melayani Kalteng, ingin melayani percepatan pembangunan. Inilah kenapa kami ingin adanya pemekaran wilayah provinsi ini," tegasnya.

KH Ma'aruf Amin pun menanggapi hal itu, dikatakannya bahwa saat ini sedang ada moratorium pemekaran DOB, kecuali Papua. Namum ia berjanji jika moratorium dibuka dan masih menjabat, Kalteng akan menjadi prioritas pertama.

"Sekarang ini, masih moratorium, belum dibuka, kecuali Papua. Kalau saya masih menjadi Wakil Presiden, dan saya masih menjadi ketua untuk DOB, kalau moratorium nanti dibuka, Kalteng yang pertama akan dikembangkan," imbuh KH Ma-Aruf Amin ketika itu. (DONNY D/H)

Berita Terbaru