Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Beras dan Bensin Jadi Penyumbang Utama Inflasi di Kalteng

  • Oleh Testi Priscilla
  • 30 Oktober 2023 - 07:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah, Taufik Saleh mengatakan bahwa komoditas beras dan bensin menjadi penyumbang utama terjadinya inflasi di provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai" ini.

"Kedua kota yakni Palangka Raya dan Sampit memiliki komoditas penyumbang utama inflasi yang sama, yaitu beras dan bensin," kata Taufik pada Minggu, 29 Oktober 2023.

Menurut Taufik, pada September 2023 Kalteng mencatatkan inflasi gabungan sebesar 0,11 persen secara bulan ke bulan atau mtm, meningkat dibanding Agustus 2023 yang deflasi 0,20 persen mtm.

"Komoditas beras menjadi penyumbang inflasi utama sejalan dengan kenaikan harga gabah kering panen atau GKP di tingkat petani. Kenaikan harga GKP disebabkan oleh produksi yang terhambat karena dampak el nino," katanya.

Selain itu, lanjut Taufik, peningkatan harga bensin turut terjadi sejalan dengan kebijakan pemerintah yang menaikkan harga BBM non subsidi per 1 September.

"El nino juga memberikan dampak kenaikan harga terhadap komoditas sayuran seperti ketimun dan kacang panjang," bebernya.

Secara spasial kota indeks harga konsumen atau IHK, inflasi Kota Palangka Raya dan Kota Sampit tercatat sama yaitu sebesar 0,11 persen mtm. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru