Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Morowali Utara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Dosen Universitas Palangka Raya Mendorong Pemahaman Inklusi Keuangan

  • Oleh Apriando
  • 01 November 2023 - 19:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Palangka Raya, Dicky P Ompusunggu menyarankan, agar pemangku kepentingan setempat dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terkhusus golongan menengah ke bawah, terhadap inklusi keuangan yang baik dan benar. 

"Memang pemahaman terhadap literasi keuangan, utamanya inklusi keuangan ini masih sangat kurang sekali. Padahal hal ini sangat penting agar masyarakat lebih waspada terhadap berbagai modus penipuan online yang terjadi saat ini," katanya, dalam keterangan tertulisnya, Rabu, 1 November 2023 

Menurut peneliti Interest dari Universitas Palangka Raya itu, inklusi keuangan berperan penting dalam meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap literasi keuangan digital. Sehingga masyarakat dapat lebih memahami bagaimana pola pengelolaan keuangan yang baik dan benar serta bahaya yang mungkin saja terjadi. 

"Sosialisasi dan edukasi harus disasar hingga tingkat paling bawah. Karena masyarakat yang ada di level menengah kebawah ini menjadi golongan rentan," jelasnya. 

Dicky juga menyarankan, agar pemerintah daerah utamanya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk dapat melakukan pengawasan terhadap aktivitas transaksi di dunia digital, guna mencegah terjadinya penipuan bermodus jasa keuangan. Perlu dibentuk tim dari berbagai komponen agar penindakan terhadap pelaku kejahatan digital dapat optimal. 

"Pengawasan dapat dilakukan secara berkelanjutan. Jangan hanya sekali atau dua kali saja. Makanya perlu juga dibuat tim khusus untuk mengawasi ini. Jika mendapati kasus, segera ditindak," tandasnya. (APRIANDO/j)

Berita Terbaru