Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Camat di Kapuas Diminta Koordinir Pembentukan Pokja Akselrasi SLRT Puskesos

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 07 November 2023 - 22:40 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Kapuas menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) optimalisasi fungsi Sistem Layanan Rujukan Terpadu - Pusat Kesejahteraan Sosial (SLRT–Puskesos) Kabupaten Kapuas pada Selasa, 7 November 2023.

Dalam Rakor ini, Sekda Kapuas, Septedy meminta kepada para camat agar dapat mengkoordinir pembentukan kelompok kerja (pokja) akselerasi SLRT Puskesos di setiap kecamatannya.

"Untuk memastikan ketersediaan akses layanan sosial yang cepat, tepat dan berkualitas serta rujukan yang sesuai kebutuhan berdasarkan data dan informasi yang valid sesuai kondisi di lapangan," kata Septedy.

Melalui SLRT – Puskesos serta Pokja yang ada di kecamatan juga diharapkan agar proses pembaruan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) pada aplikasi Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial - Next Generation (SIKS-NG) Online dapat terus dilakukan mengingat DTKS menjadi data acuan dalam penanganan masalah kesejahteraan sosial.

"Sebagaimana dilaporkan bahwa pada tahun 2023 ini hampir 40 persen warga Kapuas terdaftar di DTKS sehingga perlu diverifikasi kembali, apakah para penerima Bantuan Soisal (Bansos) yang terdaftar di DTKS tersebut benar-benar warga tidak mampu," ucapnya.

Demikian juga kepada para pendamping Program Bansos, pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) di lapangan agar tetap stand by dalam melaksanakan tugas fungsi masing-masing.

"Agar selalu berkoordinasi dengan pihak berwenang dalam pelaksanaan tugas," tuturnya.

Selain itu, pelaksanaan Rakor ini diharapkan dapat memberikan pemahaman bagi seluruh perangkat daerah serta sumber daya manusia yang ada untuk meningkatkan koordinasi dan kerjasama antar lembaga dan instansi pemberi layanan sosial.

“Kepada seluruh kepala perangkat daerah diimbau untuk terus mendukung dan bersenergi serta berkolaborasi dalam optimalisasi SLRT – Puskesos ini ke depan sehingga penanganan keluhan dan kebutuhan masyarakat dapat segera ditangani. Hal ini dalam rangka peningkatan kualitas keterpaduan penanganan masalah sosial di Kabupaten Kapuas,” pungkasnya. (DODI/j)

Berita Terbaru