Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DTPHP Kalteng Harap Teknologi Soil Block jadi Solusi Pemenuhan Benih Cabai dan Bawang Merah

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 09 November 2023 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kalteng berharap bimtek teknologi soil block jadi solusi pemenuhan benih cabai dan bawang merah.

“Kegiatan ini diharapkan mampu menjadi solusi dalam menjawab tantangan kebutuhan benih cabai dan bawang merah yang terus meningkat di Kalteng,” ungkap ungkap Kepala DTPHP Kalteng, Sunarti saat membuka pelatihan di lokasi Kelompok Tani Fajar Muda Dinamika, Jl. Hiu Putih XXIAA, Palangka Raya, Rabu, 8 November 2023.

Sunarti menyampaikan Teknologi Soil Block merupakan teknologi dengan menggunakan alat pembentuk tanah dengan cara pengepresan.

Melalui cara ini akan terbentuk balok-balok tanah padat menjadi media semai, sehingga dapat menumbuhkan bibit yang sehat, bebas sampah plastik dan mudah untuk pindah tanam pada lahan.

“Kelebihan Teknologi Soil Block dibandingkan dengan perbanyakan bibit secara konvensional adalah perbanyakan bibit dapat dilakukan dengan cepat dan dalam skala banyak,” tuturnya.

Ia berharap bantuan berupa greenhouse nurseri dengan teknologi soil block dapat menghasilkan bibit cabe dan bawang merah untuk dapat dibagikan gratis ke masyarakat dengan target satu juta bibit cabe dan bawang merah. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru