Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pencegahan dan Penanggulangan Bencana Harus Jadi Fokus

  • Oleh Donny Damara
  • 14 November 2023 - 15:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Wakil Ketua I DPRD Kalteng, Abdul Razak mengatakan pencegahan dan penanggulangan bencana harus bisa menjadi salah satu fokus perhatian pemda di provinsi ini.

Pasalnya, khususnya wilayah Kalteng sangat rawan terjadi bencana alam baik itu kebakaran hutan dan lahan (karhutla) maupun banjir, sehingga fokus perhatian dalam memperhatikan hal itu supaya lebih ditingkatkan.

"Ketika kemarau karhutla terjadi, ketika musim penghujan sejumlah wilayah banjir. Jadi ini ini harus betul-betul diperhatikan dengan serius, jangan sampai dampaknya dirasakan secara luas," ucapnya, Selasa, 14 November 2023.

Dalam upaya pencegahan dan penanggulangan, pemda harus bisa benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya jauh-jauh hari sebelum bencana itu terjadi seperti menyiapkan anggaran maupun sarana, fasilitas dan lain-lain.

"Setiap adanya kejadian bencana supaya dievaluasi apa yang perlu ditingkatkan. Misalnya karhutla, sarana pemadaman seperti sumur bor perlu ditambah disetiap titik rawan agar upaya pemadaman bisa cepat dilakukan," jelasnya.

Begitu juga dengan banjir, semenjak dini harus ada upaya antisipasi contohnya menggencarkan penanaman hutan gundul hingga melakukan pengerukan terhadap sungai-sungai yang mengalami pendangkalan.

"Kita pastinya berharap kedepan Kalteng ini bisa bebas dari berbagai bencana baik karhutla maupun banjir, namun sebelumnya harus ada upaya dari pemerintah di provinsi ini agar itu bisa diwujudkan," imbuhnya. (DONNY D/J)

Berita Terbaru