Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pemkab Gumas Fasilitasi Kegiatan DPMD Kalteng

  • Oleh Riska Yulyana
  • 21 November 2023 - 16:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Pemkab Gunung Mas memfasilitasi kegiatan sosialisasi dan memfasilitasi penetapan dan penegasan batas desa yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Kalteng.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di GPU Damang Batu Kuala Kurun, Selasa, 21 November 2023.

"Kami menyampaikan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Kalimantan Tengah yang telah bersedia bersinergi dan berkontribusi dalam memfasilitasi kegiatan ini," ujar Bupati Gumas Jaya S Monong melalui sambutan tertulis yang dibacakan Wakil Bupati Efrensia L.P Umbing, Selasa, 21 November 2023.

Dia melanjutkan, penetapan dan penegasan batas wilayah desa/kelurahan menjadi sangat penting dan harus dijadikan sebagai prioritas pemerintah daerah. 

Sebab jika batas wilayah tidak jelas, selain bisa menghambat proses pembangunan di desa, berpotensi menimbulkan terjadinya perselisihan batas wilayah.

Sementara itu, Kabid Penyelenggaraan Pemdes pada DPMD Provinsi Kalteng Bernie Saputra mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memantau secara langsung sejauh mana pelaksanaan penyelenggaraan penetapan dan penegasan batas desa sebagai bahan evaluasi guna perbaikan di waktu-waktu yang akan datang.

Kemudian untuk memantapkan pelaksanaan administrasi batas wilayah desa di seluruh desa se-Kabupaten Gunung Mas sebagai wujud komitmen pemerintah daerah untuk percepatan penyelesaian batas desa.

"Selain itu juga untuk meningkatkan pengetahuan aparatur pemerintah daerah tentang teknis pemetaan batas wilayah dengan penyampaian informasi, sehingga daerah mewujudkan tertib administrasi pemerintahan kususnya terkait penegasan batas wilayah desa/kelurahan," tukasnya.

Lanjut Bernie, kegiatan itu diikuti oleh camat, lurah/kades se-Kabupaten Gunung Mas, tim unsur Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta dari bagian pemerintahan sekretariat Daerah Kabupaten Gunung Mas. (RISKA YULYANA/j)

Berita Terbaru