Aplikasi Pilbup (Pemilihan Bupati) Kab. Kutai Kartanegara Pilkada Serentak 2024

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Turiyanti: Layanan JKN Sepenuh Hati, Tidak Ada Gratifikasi

  • Oleh Ramadani
  • 02 Desember 2023 - 07:00 WIB

BORNEONEWS, Muara Teweh – BPJS Kesehatan sebagai badan hukum publik yang diamanatkan oleh undang-undang untuk mengelola Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terus berupaya memberikan pelayanan yang terbaik bagi seluruh peserta. Salah satunya diwujudkan dengan menanamkan budaya anti gratifikasi.

Hal tersebut turut dirasakan Turiyanti (37), warga asal Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Provinsi Kalimantan Tengah saat mengakses layanan di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Muara Teweh, Jumat 1 Desember 2023.

Ia mengatakan telah beberapa kali mengakses layanan administrasi di kantor cabang BPJS kesehatan dan mendapat pelayanan yang sepenuh hati tanpa ada gratifikasi.

“Dari awal datang sudah disambut baik dan ditanyakan oleh security untuk setiap keperluan, dijawab dengan jelas dan ramah, tentunya sangat membantu untuk menjawab kebutuhan  saya,” kata Turiyanti.

Adanya tulisan himbauan untuk tidak memberikan maupun menerima gratifikasi juga terpasang sebagai bentuk pengendalian dan menjaga budaya anti gratifikasi yang tidak hanya ditujukan bagi jajaran internal BPJS Kesehatan tetapi juga seluruh pihak eksternal yang terlibat dalam Program JKN.

“Dalam pengurusan administrasi dari pendaftaran juga pelayanan kesehatan di fasilitas kesehatan, tidak pernah sekalipun saya dimintakan biaya maupun imbalan seperti pungutan liar itu tidak pernah, begitu juga saya ketika membaca adanya banner anti gratifikasi yang dipasang menjadi pengingat saya untuk tidak melakukan gratifikasi,” tambahnya.

Turiyanti meyakini budaya anti gratifikasi yang digaungkan oleh BPJS Kesehatan akan berdampak positif terhadap pelayanan bagi peserta karena keikhlasan dalam memberikan layanan tumbuh dari ketulusan tanpa mengharap suatu imbalan.

“Dulu terkenal istilah ada duit urusan lancar dalam mengurus sesuatu, tapi di kepengurusan BPJS Kesehatan tidak perlu duit pun sudah lancar urusannya, dilayani gratis dan tanpa pamrih,” tuturnya.

Turiyanti juga turut mengapresiasi Program JKN sebagai jaminan kesehatan yang penting dan harus disadari untuk dimiliki setiap masyarakat.

“Saya menyadari pentingnya Program JKN, hari ini baru mendaftarkan mertua saya, sebelumnya orang tua saya juga sudah didaftarkan, harapannya kita semua selalu sehat tapi harus jaga-jaga karena sakit tidak tau kapan datangnya,” tutupnya. (RAMADHANI/H)

Berita Terbaru