Aplikasi Pilkada Serentak

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kadishub Palangka Raya Imbau Pelaku Usaha Angkutan Umum Tertib Uji KIR

  • Oleh Hendri
  • 08 Desember 2023 - 15:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Palangka Raya, Alman P Pakpahan mengimbau pelaku usaha angkutan umum agar tertib melakukan Uji Kelaikan Jalan (KIR).

Uji KIR untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan penumpang serta mengurangi emisi gas buang kendaraan ketika dioperasikan di jalan umum.

"Uji KIR ini penting untuk dilakukan oleh semua kendaraan angkutan umum, baik bus, angkot, taksi, truk maupun ojek online," katanya, Jumat, 8 Desember 2023.

Selain sebagai syarat perpanjangan izin usaha, uji KIR juga sebagai bentuk tanggung jawab pelaku usaha terhadap keselamatan dan kesehatan masyarakat.

Alman menambahkan, lokasi uji KIR bisa dilakukan di Terminal W.A Gara yang berada di Jalan Mahir Mahar. Di sana, Dishub telah menyediakan fasilitas dan peralatan uji KIR yang lengkap dan modern.

"Kami harap pelaku usaha angkutan umum dapat memanfaatkan fasilitas ini dengan baik dan tidak menunda-nunda uji KIR," ujarnya.

Dishub kata dia, juga akan melakukan pengawasan dan penindakan terhadap kendaraan angkutan umum yang tidak memiliki sertifikat KIR.

Menurut Alman, uji KIR tidak hanya bermanfaat bagi penumpang, tetapi juga bagi pengemudi dan pemilik kendaraan.

Dengan uji KIR, kondisi kendaraan dapat terjaga dengan baik, sehingga dapat menghemat biaya perawatan dan bahan bakar.

Selain itu, uji KIR juga dapat mendukung program pemerintah dalam mengurangi polusi udara akibat kendaraan bermotor.

"Kami berharap dengan uji KIR ini, angkutan umum di Kota Palangka Raya dapat menjadi lebih aman, nyaman dan ramah lingkungan," pungkasnya. (HENDRI/j)

Berita Terbaru