Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Bupati Kotim Resmikan Rumah Singgah

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 12 Desember 2023 - 10:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Bupati Kotawaringin Timur (Kotim) Halikinnor meresmikan rumah singgah yang berada di Jalan S Parman No 7, Sampit.

"Rumah singgah selama ini sudah lama diidam-idamkan karena menjadi salah satu kebutuhan yang mendesak," kata Halikinnor, Senin, 11 Desember 2023.

Lanjutnya, Kota Sampit adalah kota yang cukup maju pesat pembangunannya sehingga banyak orang-orang yang berdatangan. Diantara yang datang itu ada investor dan ada yang membawa dampak sosial, misalnya gelandangan dan pengemis (gepeng), orang dengan gangguan jiwa (ODGJ), dan orang terlantar.

"Alhamdulillah 2023 kita anggarkan dan sudah kita resmikan rumah singgah sehingga mereka yang memerlukan bisa ke sini," ujarnya.

Dia mengatakan, orang dari kebun sawit yang hendak berpergian ke Jawa bisa singgah sementara. Karena kapal tidak tepat waktu akibat sungai mentaya hanya bisa dilewati 6 sampai 7 jam.

"Kalau uangnya pas-pasan harus menginap di hotel biaya lagi. Bisa saja istirahat di sini ada beberapa ruangan yang cukup representative," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kotim Wiyono mengatakan rumah singgah ini dimanfaatkan untuk kebutuhan orang terlantar, disabilitas pengemis, maupun orang perusahaan putus kerja yang ingin pulang ke kampung halamannya.

Rumah singgah dengan kapasitas 30 orang tersebut dilengkapi fasilitas kamar tidur, tilam, kipas angin, musala dan dapur.

"Orang terlantar khusus dari perusahaan yang ingin pulang dan memiliki surat keterangan dari kepolisian dibantu oleh dinas sosial untuk biaya makan. Kalau yang menginap saja sementara tidak," terang Wiyono. (DEWI PATMALASARI/j)

Berita Terbaru