Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Riza Rahmadi Dorong Pemkab Bartim Jalin Kerja Sama Pembibitan Cabai dengan SMK

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 17 Desember 2023 - 01:00 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah Riza Rahmadi, mendorong Pemkab Barito Timur melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan agar membangun kerja sama pembibitan cabai dengan Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK pertanian untuk dibagikan kepada masyarakat.

Hal tersebut dimaksudkan Riza untuk meningkatkan produksi cabai rawit maupun cabai merah besar sekaligus menekan harga cabai yang saat ini masih tinggi dan menyumbang inflasi di Kalimantan Tengah.

"Saya mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Barito Timur khususnya bisa bekerja sama memanfaatkan SMK pertanian untuk pembibitan cabai dan nanti dibagikan ke masyarakat, ibu-ibu rumah tangga," ujarnya saat pengunjungi petani cabai di Desa Siong dan Desa Ampari, Sabtu, 16 Desember 2023.

Bibit cabai yang dibagikan, lanjut Riza, dapat ditanam oleh masyarakat di pekarangan rumah untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

Dia mengungkapkan, saat ini harga rata-rata cabai rawit di Kalimantan Tengah Rp89.000, atau lebih tinggi di Rp5.000 dibandingkan harga rata-rata nasional Rp84.000.

"Kalimantan Tengah merupakan satu dari delapan provinsi yang harga cabainya masih di atas harga rata-rata nasional," jelas Riza. (BOLE MAL0/H) 

Berita Terbaru