Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Jasa Akomodasi Perhotelan Diminta Tidak Ragu Berikan Data Riil ke BPS

  • Oleh Testi Priscilla
  • 23 Desember 2023 - 22:20 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Badan Pusat Statistik atau BPS Kota Palangka Raya, Amos Adam Residul meminta agar jasa akomodasi khususnya perhotelan di Kota Cantik agar tidak ragu memberikan data riil kepada surveyor BPS.

"Kita tidak pernah merilis data individu, melainkan data agregat. Satu-satunya data individu yang disajikan hanya di sensus ekonomi itu nama Hotel, jasa akomodasi, alamatnya dimana. Kalau itu kami rasa justru hotel senang kami tulis kan," kata Amos dalam keterangan resminya pada Sabtu, 23 Desember 2023.

Menurut Amos, dirinya tidak menginginkan data yang apa adanya karena itu berarti data yang diberikan hanya sekadar data, bukan data sebenar-benarnya yang terjadi di lapangan.

"Kalau hanya 1 hotel di sebuah kota itu maka BPS tidak boleh merilis, dulu kan di Palangka hanya ada hotel Dandang Tingang nah itu tidak pernah kita masukkan dalam data rilis. Maka itu jangan ragu untuk menyampaikan data ke kami. Jangan takut," tegas Amos lagi.

Dirinya menuturkan bahwa yang terjadi selama ini pihak perhotelan enggan memberikan data karena takut akan terjadi kebocoran data dan dapat menjadi senjata bagi pesaingnya.

"Padahal ada etikanya kami dalam merilis data. Ada undang-undang yang menjamin kerahasiaan data yang diberikan," jelasnya lagi.

Dirinya meminta hal tersebut bukan tanpa alasan. Data yang didapat dari lapangan ini menurut Amos setiap bulannya akan dirilis dan menjadi pijakan bagi pemerintah dalam mengambil kebijakan.

"Berikanlah data yang ada sesuai faktanya sehingga pemerintah tidak salah dalam mengambil kebijakan," tegasnya. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru