Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Maksimalkan Pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor

  • Oleh Donny Damara
  • 27 Desember 2023 - 18:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Komisi I DPRD Kalteng, Yohannes Freddy Ering mendorong pemda di provinsi ini untuk dapat memaksimalkan pemungutan pajak kendaraan bermotor.

Dia mengatakan, pemungutan pajak kendaraan bermotor sangat penting dimaksimalkan dalam rangka untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

"Upaya pemda selama ini guna memaksimalkan pemungutan pajak sudah sangat bagus, seperti membuat aplikasi E-PAHARI dan lain-lain. Tapi masih ada yang perlu diperhatikan," katanya, Rabu, 27 Desember 2023.

Perhatian yang dimaksud yaitu terhadap kendaraan plat non KH, sebab apabila kendaraan menggunakan plat dari luar maka pajaknya tidak masuk sebagai pendapatan daerah Kalteng.

"Otomatis pajaknya masuk daerah lain, sedangkan yang memiliki kendaraan itu tinggal di Kalteng. Apalagi kendaraan milik PBS tentu itu sangat merugikan bagi daerah," tuturnya.

Ia menyebut, terkait hal itu harus bisa menjadi perhatian pemda supaya bisa lebih menekankan dan mensosialisasikan agar masyarakat yang memiliki kendaraan plat non KH supaya dapat memindahkannya menjadi plat KH.

"Supaya nantinya pemungutan pajak kendaraan bermotor ini bisa lebih maksimal dan berkontribusi terhadap pembangunan di Kalteng. Kita juga mengimbau bagi yang memiliki kendaraan non KH supaya dapat dipindah menjadi KH," imbuhnya. (DONNY D/j)

Berita Terbaru