Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Wapres: Kampanye Fokus Pada Isu Kunci Atasi Tantangan Bangsa

  • Oleh ANTARA
  • 28 Desember 2023 - 11:50 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin menekankan pentingnya proses kampanye Pemilu 2024 yang berfokus pada beragam isu kunci untuk mengatasi sejumlah tantangan bangsa Indonesia.

Wapres Ma'ruf melalui Sekretariat Wakil Presiden di Jakarta, Kamis, mengatakan isu krusial yang bisa diangkat seperti masalah hak azasi manusia, demokrasi, pendidikan, hingga kemiskinan, seperti yang digelar melalui agenda debat calon presiden dan calon wakil presiden.

“Sebenarnya seperti itu yang diharapkan, ada pertanyaan kemudian dijawab, tetapi per isu saja. Misalnya isu HAM diperdebatkan berapa lama kemudian istirahat, isu demokrasi, pendidikan, kemiskinan. Saya kira begitu,” katanya.

Mengenai suasana debat saat ini, Wapres menuturkan bahwa sebenarnya tidak ada perbedaan signifikan dengan debat saat dirinya menjadi cawapres pada Pilpres sebelumnya.

Hanya saja, para pengamat menyampaikan pandangan untuk peningkatan kualitas pada debat-debat mendatang, kata Ma'ruf menambahkan.

“Dari banyak pengamat itu memang ada yang mengkritisi. Misalnya panelis tidak bisa memperdalam pertanyaan, dan sebagainya. Saya kira banyak pandangan yang ingin lebih baik lagi,” ujarnya.

Wapres Ma'ruf juga berharap semua pihak terkait, termasuk penyelenggara, pengawas, dan peserta Pemilu, terus mempertahankan integritasnya.

“Saya kira yang penting itu memang tidak ada perilaku-perilaku yang kurang demokratis, baik dari penyelenggara Pemilu, dari aparat, termasuk dari peserta Pemilu itu sendiri," katanya

Jangan ada juga perilaku yang tidak sehat, Kalau semua berjalan baik, saya kira diharapkan hasilnya juga baik,” katanya.

Wapres menyinyalir adanya gejala kampanye tidak sehat yang dibuktikan dengan adanya aduan-aduan kepada Bawaslu.

Berita Terbaru