Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pria di Gunung Mas Mencuri Sarang Walet Milik Keluarga, Ini Kata Polisi

  • Oleh Riska Yulyana
  • 03 Januari 2024 - 19:20 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kurun - Seorang pria berinisial J (29) warga Desa Tumbang Danau Kecamatan Mihing Raya Kabupaten Gunung Mas diamankan oleh Polsek Sepang usai mencuri sarang burung walet.

"Ya benar pada 29 Desember 2023 ada kejadian pencurian sarang burung walet dengan kerugian kurang lebih Rp20 juta," ujar Kapolsek Sepang, Iptu Debby Soesilo, Rabu, 3 Januari 2024.

Hal itu diketahui mulanya berdasarkan laporan warga bernama Alianto warga desa Tumbang Danau. Dijelaskan peristwa tersebut terjadi pada Jumat, 29 Desember 2023 dengan TKP di pinggir jalan lintas perusahaan Desa Dahian Tambuk.

Kemudian dijelaskan oleh Kapolsek Sepang, menurut hasil pengakuan yang diduga pelaku, ia mengakui perbuatannya mencuri sarang walet seorang diri.

Mulanya dia masuk ke dalam gedung sarang burung walet sekitar pukul 03.30 WIB dengan memanjat menggunakan tangga yang ada di sekitar bangunan sarang burung walet.

Lalu, J masuk melalui lubang angin yang sebelumnya telah dirusak oleh orang yang tidak dikenal.

"Diduga pelaku berhasil sarang burung walet. Kemudian ia jual di daerah Rungan kepada pembeli keliling," jelas Iptu Debby.

Lebih lanjut dijelaskan, beberapa hari setelah kejadian, diduga pelaku membuka media sosial Facebook dan melihat video aksinya viral terekam CCTV.

Diduga pelaku juga baru tahu bahwa sarang burung walet tersebut milik keluarganya sendiri. Sehingga pelaku menyerahkan diri pada Minggu, 31 Desember 2023 ke kantor Polsek Sepang.

"Sampai saat ini pelaku telah diamankan di Polsek Sepang dan dari diduga pelaku disita 1 lembar nota penjualan dan uang sebesar Rp 1.044.000, uang sisa hasil pejualan sarang burung walet," paparnya.

Berita Terbaru