Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lebih dari 2.500 Narapidana dan Tahanan Siap Menyalurkan Hak Pilih di Rutan Lapas Se Kalteng pada Pemilu 2024

  • Oleh Pathur Rahman
  • 10 Januari 2024 - 12:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Kantor Wilayah Kalimantan Tengah mengumumkan, lebih dari 2.500 narapidana dan tahanan di Kalteng masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Kalteng, Tri Saptono Sambudji menjelaskan, ada 17 Tempat Pemungutan Suara (TPS) khusus akan didirikan di unit pelaksana teknis (UPT) di Kalteng. Setiap UPT, akan menampung sekitar 301 DPT dengan 1 TPS.

Meski jumlah awal pemilih pemula mencapai 3.306, saat ini, tercatat sejumlah 2.548 narapidana dan tahanan yang terdaftar dalam DPT. Namun ada fluktuasi data karena adanya narapidana baru yang identitasnya belum lengkap.

"Untuk memastikan kelengkapan data identitas, Kemenkumham Kalteng berkoordinasi dengan KPU dan Dukcapil," katanya, Rabu, 10 Januari 2024.

Kadivpas juga menegaskan persiapan anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang berasal dari Lapas dan Rutan itu sendiri. Sosialisasi mengenai pasangan calon dilakukan tanpa unsur kampanye melalui platform zoom untuk seluruh WBP.

"Kami berharap pelaksanaan Pemilu 2024 berjalan lancar dan menekankan netralitas Aparat Negeri Sipil (ASN)," ujarnya.

Dia menambahkan, transparansi sangat penting. Demikian juga dengan kejujuran dan keadilan dalam menjalankan proses pemilihan guna memastikan pemerintahan yang berkelanjutan. (PATHUR/Y)

Berita Terbaru