Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

UPT Puskesmas Panarung Lakukan Fogging DBD

  • Oleh Pathur Rahman
  • 21 Januari 2024 - 15:30 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Sebagai upaya pencegahan penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD), Kepala UPTD Puskesmas Panarung dr Ina Sunjaya melaksanakan fogging di wilayah Kelurahan Panarung RT 02 RW 05 pada hari Minggu, 21 Januari 2024.

Menurut dr Ina, fogging dilakukan sebagai salah satu metode pengendalian faktor penyebab penyakit DBD, selain pemberantasan jentik dan larva nyamuk dan penerapan 3 M plus di masyarakat.

“Kami melakukan fogging di daerah ini karena ada beberapa kasus DBD yang dilaporkan oleh warga. Fogging bertujuan untuk memutus rantai penularan dan menekan jumlah nyamuk agar risiko penyakit DBD juga menurun,” ujar dr Ina.

dr Ina juga mengingatkan warga untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dan menghindari genangan air yang bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk, serta rutin membersihkan saluran air.

Selain itu dengan gotong royong membersihkan tumpukan sampah dan barang bekas tidak berguna juga merupakan salah satu upaya efektif dalam mencegah berkembang biaknya nyamuk DBD.

“Fogging bukanlah metode pencegahan utama, melainkan hanya sebagai tindakan darurat saat terjadi wabah. Pencegahan utama tetap harus dilakukan dengan 3M, yaitu menguras, menutup, dan mengubur tempat penampungan air,” pungkasnya. (PATHUR/H)

Berita Terbaru