Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Legislator Kalteng Minta Pemerintah Permudah Masyarakat Akses Layanan Kesehatan

  • Oleh Donny Damara
  • 22 Januari 2024 - 13:00 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota Komisi III DPRD Kalteng, Andayani mendorong pemda di provinsi ini untuk dapat mempermudah masyarakat terutama di pelosok mengakses layanan kesehatan.

Ia menekankan pentingnya pemerintah memperhatikan kelayakan sarana dan prasarana fasilitas kesehatan (faskes) yang ada di sejumlah wilayah pelosok atau pedesaan, sebab sampai saat ini masih banyak yang belum layak.

"Persoalan kesehatan masih banyak yang harus diperhatikan, kelayakan faskes penting untuk diperhatikan, karena memang sampai saat ini masih ada sejumlah desa yang memiliki faskes kurang layak," katanya, Senin, 22 Januari 2024.

Kelayakan sarana dan prasarana faskes salah satu untuk mempermudah masyarakat pelosok mengakses layanan kesehatan. Pasalnya, bagi masyarakat di pelosok menuju pusat kesehatan jaraknya sangat jauh.

"Bagi masyarakat desa dipedalaman itu kelayakan fasilitas kesehatan yang ada di desa penting, apalagi bagi desa yang tidak memiliki akses darat. Ini harus bisa menjadi perhatian pemerintah," ujarnya.

Politisi Partai Gerindra ini mengungkapkan, tidak bisa dipungkiri selama ini pihaknya sering kali menerima aspirasi masyarakat mengenai hal itu. Oleh karenanya, pemerintah jangan sampai abai terhadap salah satu kebutuhan dasar masyarakat tersebut.

"Persoalan kesehatan tidak akan dapat di selesaikan apabila masyarakat sulit untuk mengakses layanan kesehatan contohnya saja stunting, ini masih terjadi dan perlu penanganan yang baik secara menyeluruh," tuturnya.

Maka dari itu, sangat diharapkan peningkatan akses layanan kesehatan terutama di pelosok perlu menjadi perhatian serius dan harus diprioritaskan, sehingga kedepan berbagai persoalan kesehatan bisa ditangani dengan baik. (DONNY D/H)

Berita Terbaru