Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Riza Rahmadi Dorong Pemdes Manfaatkan Dana Desa untuk Bantu Kendalikan Inflasi

  • Oleh Agustinus Bole Malo
  • 28 Januari 2024 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Tamiang Layang - Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Tengah Riza Rahmadi mendorong pemerintah desa memanfaatkan Dana Desa (DD) tahun 2024 untuk meningkatkan ketahanan pangan serta membantu pengendalian inflasi.

Pesan itu disampaikan Riza saat mengunjungi Kelompok Tani Suka Maju di Desa Pangkan Kabupaten Barito Timur, Minggu, 28 Januari 2024. Dalam kunjungan itu Riza didampingi Koordinator Penyuluh Pertanian Barito Timur Asbel Serep, Kooordinator BPP Paku, Hariani, Kades Pangkan Kristan serta para penyuluh pertanian.

"Pemerintah desa bisa memanfaatkan Dana Desa (DD) yang dimiliki untuk peningkatan ketahanan pangan dan membantu pengendalian inflasi dengan berbagai program dan kegiatan," ujarnya.

Melihat cabai sebagai salah satu penyumbang inflasi di Kalteng, Riza menyarankan pemerintah desa melakukan pembibitan cabai yang mengalami peningkatan harga seperti cabai rawit, cabai merah besar dan cabai keriting, kemudian dibagikan kepada warga.

Dia mengungkapkan, Peraturan Menteri Keuangan Nomor 146 Tahun 2023 tentang pengalokasian DD di setiap desa, di antaranya mengizinkan untuk dimanfaatkan bagi program ketahanan pangan dan hewani.

"Mengacu dari peraturan itu, saya rasa bisa pemerintah desa membuat program untuk ketahanan pangan dengan melakukan pembibitan untuk dibagikan ke warga. Selama ini sebagian pemerintah desa sudah memanfaatkan Dana Desa (DD) untuk ketahanan pangan dalam upaya menekan kasus stunting, sekarang kita mau ini juga untuk membantu mengendalikan inflasi," tandasnya. 

Sementara itu Kades pangkan Kristian, menyambut baik pesan dari Kadis Ketahanan Pangan Provinsi tersebut, "Kami akan membuat pembibitan cabai di polibag nanti untuk dibagikan ke masyarakat," timpalnya. (BOLE MALO/H)

Berita Terbaru