Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Kepala Balai Bahasa Ajak Masyarakat Tuturkan Bahasa Daerah di Tempat Tidak Formal

  • Oleh Testi Priscilla
  • 30 Januari 2024 - 12:50 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Kepala Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah, Muhammad Muis mengajak masyarakat untuk menggunakan atau menuturkan bahasa daerah di tempat-tempat yang tidak formal.

"Kalau di tempat atau forum yang tidak formal, saya mengajak masyarakat untuk menggunakan bahasa daerah saja lah supaya bahasa daerah kita tidak hilang," kata Muis kepada Borneonews pada Selasa, 30 Januari 2024.

Menurut Muis, sikap ini harus terus dibiasakan oleh masyarakat untuk menjaga kelangsungan bahasa daerah.

"Misalnya suami istri dari suku yang sama, ya di rumah jangan menggunakan bahasa Indonesia, gunakan bahasa daerah saja. Saya dan istri saya itu walaupun kami tinggal di Jakarta, tetap kami menggunakan bahasa daerah kami," tutur Muis.

Dengan demikian, lanjutnya, anak-anaknya pun memahami bahasa daerah, meskipun mungkin tidak ikut terlibat dalam percakapan lantaran kebanyakan anak muda sekarang berbahasa Indonesia.

"Minimal kita dulu yang berbahasa daerah, sehingga anak-anak kita juga akan mengerti. Meskipun mungkin mereka tidak mengucapkannya. Ini salah satu tindakan yang bisa kita lakukan untuk menjaga kelestarian bahasa daerah kita," katanya. (TESTI PRISCILLA/Y)

Berita Terbaru