Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Peran Penting Kelapa Sawit Sebagai Pengungkit Nilai Ekonomi Nasional

  • Oleh Testi Priscilla
  • 05 Februari 2024 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Ketua Umum Asosiasi Inventor Indonesia, Prof (Ris) Didiek Hadjar Goenadi mengingatkan betapa pentingnya kelapa sawit Indonesia yang perannya sangat strategis sebagai komoditas pengungkit nilai ekonomi nasional.

"Sebenarnya, tantangan dan kendala dalam mewujudkan kinerja industri kelapa sawit yang berkelanjutan merupakan sebuah peluang bagi periset atau peneliti untuk memberikan solusi," kata Prof Didiek dalam rilis yang dikirimkan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit atau BPDPKS pada Senin, 5 Februari 2024.

Hal ini disampaikan Prof Didiek saat menjadi salah seorang narasumber Kegiatan Webinar Call for Proposal Grant Riset Sawit 2024 yang bertujuan sebagai sarana penyebaran informasi bahwa Program Grant Riset Sawit telah dibuka kembali oleh BPDPKS untuk menjaring usulan riset sawit dari Lembaga Litbang seluruh Indonesia.

Dalam pemaparannya, Didiek H Goenadi menyampaikan bahwa kemajuan riset dan pengembangan di Indonesia memerlukan support system yang baik sehingga hasil riset dapat melewati the valley of death, misalnya dengan bantuan riset pasar atau market research untuk mendapatkan feedback dari pengguna atau calon pengguna.

Oleh karena itu, katanya, riset-riset yang didukung oleh BPDPKS adalah sebuah applied research yang sebelumnya telah memiliki proof of concept.

"Selain aspek ilmiah dari kegiatan riset tersebut, juga mengedepankan aspek manfaat bagi para pelaku industri kelapa sawit nasional termasuk rekomendasi kebijakan kepada pemerintah yang based on research," imbuhnya. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru