Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Disdik Palangka Raya Minta Waspadai DBD di Lingkungan Sekolah

  • Oleh ANTARA
  • 06 Februari 2024 - 09:45 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Dinas Pendidikan Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah meminta sekolah-sekolah di daerah itu agar mewaspadai munculnya wabah demam berdarah dengue (DBD) di lingkungan sekolah.

Sekretaris Disdik Kota Palangka Raya, Aprae Vico Ranan, di Palangka Raya, Senin, mengatakan bahwa Pemerintah Kota Palangka Raya gencar menyosialisasikan upaya pencegahan penyakit DBD yang juga berpotensi berkembang di setiap sekolah.

"Untuk pencegahannya maka pihak sekolah harus membiasakan pola hidup sehat, sehingga wabah yang bisa membahayakan nyawa manusia itu tidak berkembang di sekolah," katanya di Palangka Raya.

Ia juga menjelaskan, untuk mencegah wabah tersebut pihak sekolah disarankan agar rutin membersihkan setiap saluran drainase.

Jangan sampai ada genangan air baik di dalam botol maupun kubangan di sekitar sekolah, karena hal itu bisa menjadi tempat sarang nyamuk DBD berkembang biak.

"Pengelola sekolah wajib menjaga kebersihan di setiap sekolah, jangan sampai sampah di sekolah menumpuk karena hal tersebut bisa menjadi sumber penyakit," ucapnya.

Vico juga menyarankan kepada tenaga pendidik agar selalu memberitahukan kepada peserta didik dan orang tuanya untuk selalu mewaspadai bahaya wabah tersebut.

Apalagi saat ini cuaca di Kota Palangka Raya juga sangat ekstrem, sehingga wabah tersebut sangat berpotensi untuk berkembang biak baik di sekolah maupun di permukiman warga.

ANTARA

Berita Terbaru