Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pembangunan Sarana Air Bersih untuk Wilayah Perdesaan Harus Digencarkan

  • Oleh Donny Damara
  • 07 Februari 2024 - 15:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Anggota DPRD Kalteng, Alexius Esliter mengatakan pembangunan sarana air bersih untuk wilayah perdesaan harus dapat digencarkan oleh pemerintah.

Pasalnya, khususnya di Kalteng masih terdapat banyak desa yang tidak memiliki sarana air bersih, sehingga membuat masyarakat kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

"Misalnya seperti sejumlah desa di wilayah Dapil II meliputi Kotim dan Seruyan, banyak yang kesulitan mendapatkan air bersih, maka sarana itu perlu dibangun secara merata," ucapnya, Rabu, 7 Februari 2024.

Dalam upaya membangun sarana air bersih ini, pemerintah terutama daerah di Kalteng bisa memikirkan solusi misalnya memperluas jaringan PDAM hingga desa maupun membangun bendungan sebagai tempat penampungan.

"Kebutuhan akan air bersih ini merupakan hak dasar masyarakat yang harus dipenuhi, dan ini juga berkaitan dengan kesehatan. Sebab, jika air yang dikonsumsi tidak bersih maka bisa menyebabkan penyakit," ujarnya.


Ia mengungkapkan, pada dasarnya setiap desa pastinya memiliki sungai maupun sumur, akan tetapi kebanyakan sungai sekarang ini tercemar, dan ketika musim hujan air sumur menjadi keruh dan tidak bisa dikonsumsi.

"Jadi sangat kita harapkan kebutuhan masyarakat ini bisa dipenuhi oleh pemerintah dengan solusi, supaya kedepan tidak ada lagi desa yang kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan hidup," tukasnya. (DONNY D/Y)

Berita Terbaru