Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KPU Kotim Siapkan Skema Distribusi Logistik Pemilu 2024

  • Oleh ANTARA
  • 09 Februari 2024 - 13:40 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah menggelar rapat koordinasi bersama pemangku kepentingan guna membahas skema distribusi logistik Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Kami sudah membuat skema untuk distribusi logistik pemilu, namun melalui rakor ini kami tetap meminta masukan dan saran dari pemangku kepentingan sebagai bahan pertimbangan kami,” kata Ketua KPU Kotim Muhammad Rifqi di Sampit, Kamis, 8 Februari 2024.

Rakor persiapan distribusi logistik Pemilu 2024 itu dilaksanakan di aula salah satu hotel di Kota Sampit, melibatkan sejumlah Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, dan Ketua serta anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Berdasarkan skema awal yang dirancang KPU Kotim distribusi logistik pemilu dimulai pada 10 Februari 2024 atau H-4 pemungutan suara, karena pada H-1 semua logistik pemilu sudah harus ada di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

“Rencananya pada tanggal 10 itu akan dilakukan proses pelepasan dari gudang logistik pada pukul 09:00 WIB,, sebelum itu akan dilakukan apel oleh pihak keamanan dari TNI dan Polri,” lanjutnya.

Distribusi logistik Pemilu di wilayah Kotim dibagi dalam tiga hari dengan mengutamakan kecamatan terjauh dan tersulit, supaya jika ada kendala di lapangan pihaknya masih mempunyai cukup waktu untuk mengatasinya.

Adapun, pada 10 Februari 2024 sasaran pendistribusian logistik pemilu adalah Kecamatan Mentaya Hulu, Parenggean, Pulau Hanaut, Antang Kalang, Teluk Sampit, Seranau, Bukit Santuai, Tualan Hulu, dan Telaga Antang.

Kemudian, 11 Februari 2024 sasaran pendistribusian logistik pemilu antara lain Kecamatan Kota Besi, Cempaga, Mentaya Hilir Utara, Mentaya Hilir Selatan, Cempaga Hulu, dan Telawang. Sedangkan, untuk kecamatan dalam kota, yakni Baamang dan Mentawa Baru Ketapang didistribusikan pada 12 Februari 2024 atau selambat-lambatnya H-1 Pemilu.

“Untuk kecamatan dalam kota pendistribusiannya dilaksanakan tanggal 12, tapi kebanyakan pergerakannya pada tanggal 13 karena dekat,” imbuhnya.

Skema ini kemungkinan masih akan berubah setelah banyaknya masukan dari pihak kecamatan dan PPK. Setelah rakor ini KPU Kotim akan menggelar rapat internal untuk menyusun skema akhir dengan mempertimbangkan masukan dan saran tersebut.

Berita Terbaru