Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

KTNA Harus Diberdayakan Agar Kuat

  • Oleh Abdul Gofur
  • 16 Mei 2016 - 13:20 WIB

BORNEONEWS, Katingan - Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) perlu difasilitasi dan diberdayakan agar tumbuh dan berkembang menjadi organisasi kuat dan mandiri, sehingga dapat memberikan sumbangsih bagi kesejahteraan petani dan nelayan serta masyarakat di Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah.

Sekda Katingan Nikodemus mewakili Bupati Ahmad Yantenglie mengemukakan hal tersebut, pada rembug KTNA 2016 di Aula Kantor Ketahanan Pangan dan Penyuluhan setempat, Senin (16/5/2016).

Menurut Sekda Nikodemus, kegiatan rembug kontak tani dan nelayan andalan ini diharapkan sekali manfaatnya terutama dalam pengembangan kemandirian kelompok sehingga mampu melaksanakan fungsi dan perannya. Juga agar mampu mengambil keputusan sendiri serta swadaya mampu memperbaiki kualitas hidup dan masyarakat lingkungannya.

Keberhasilan pembangunan pertanian sangat ditentukan oleh dukungan nyata semua pihak pemangku kepentingan, baik pemerintah, masyarakat tani selaku pelaku utama maupun pihak lainnya.

Dalam era pembangunan yang semakin komplek, kata Sekda Niko, petani atau nelayan dihadapkan pada tantangan yang semakin besar dalam keterkaitan usaha tani-nelayan dengan berbagai aspek lingkungan yang mempengaruhi serta persaingan dalam pemanfaatan dan penggunaan sumberdaya,

Dalam hal ini penyuluh pertanian semakin dituntut untuk lebih berperan dalam peningkatan sumberdaya manusia petani/nelayan yang mandiri dan berperan dalam pembangunan nasional. Guna meningkatkan peranan petani/belayan dalam pembangunan pertanian, khususnya dalam memecahkan berbagai masalah pembangunan pertanian diwilayahnya dan menyempaikan aspirasi kepada pemerintah dengan dibentuknya KTNA Katingan.

Rembug kontak tani nelayan andalan ini merupakan suatu wadah/forum pertemuan kelompok tani dan nelayan untuk membahas masalah yang dihadapi petani atau nelayan dalam pengembangan usahanya sebagai bahan untuk menyusun kebijakan, rencana dan program kerja serta keputusan-keputusan KTNA.

Kepala Badan Ketahanan Pangan dan Pelaksaan Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Katingan, Karlie menuturkan acara ini membahas masalah dan kendala yang dihadapi petani dan nelayan andalan dalam pengembangan usaha sebagai bahan menyusun kebijakan, rencana dan program kerja serta keputusan-keputusan KTNA. Kemudian evaluasi kegiatan dan program kerja konak tani nelayan andalan tahun anggaran 2015. Lainnya, menyusun program dan kegiatan untuk persiapan mengikuti Pekan Nasional (Penas) 2017 di Banda Aceh. (ABDUL GOFUR/N).

Berita Terbaru