Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Minat dan Kreativitas Berliterasi Harus Terus Ditingkatkan

  • Oleh Testi Priscilla
  • 07 Maret 2024 - 19:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya - Semangat, minat, dan kreativitas berliterasi harus terus ditingkatkan. Segala upaya yang dituangkan untuk meningkatkan literasi siswa di SMAN 5 Palangka Raya diakui memang belum semua dapat menguatkan semangat berliterasi sesuai harapan atau ekspektasi.

Hal ini disampaikan Wakasek Humas dan Publikasi SMAN 5 Palangka Raya, Lukman Juhara saat menjadi salah satu pembicara yang menyampaikan materi "Upaya SMAN 5 Palangka Raya dalam Menguatkan Semangat Berliterasi" dalam kegiatan Koordinasi Program Penguatan Literasi dan Numerasi yang digelar Balai Penjaminan Mutu Pendidikan atau BPMP Kalimantan Tengah baru-baru ini.

"Masih banyak yang harus terus dibangkitkan, khususnya semangat, minat, dan kreativitas," kata Lukman dalam rilisnya pada Kamis, 7 Maret 2024.

Harus disadari, lanjutnya, bahwa upaya menguatkan semangat berliterasi tidak bisa serta lewat kegiatan formal yang hanya sesaat.

"Perlu konsistensi, kesungguhan, keteladanan, dan partisipasi aktif banyak pihak yang ikhlas berkontribusi secara bijak dan kreatif," bebernya lagi.

Itulah catatan kecil dari kegiatan yang digelar Balai Penjaminan Mutu Pendidikan atau BPMP, yakni Koordinasi Program Penguatan Literasi dan Numerasi dengan Balai Guru Penggerak atau BGP dan Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah atau BBPKT. Kegiatan tersebut  berlangsung di Hotel Luwansa Palangka Raya pada 28-29 Februari 2024.

Materi diskusi dan instansi narasumber dalam kegiatan ini adalah Program Penguatan Literasi dan Numerasi oleh Balai Guru Penggerak atau BGP Kalteng, Program Penguatan Literasi dan Numerasi oleh Balai Penjaminan Mutu Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah atau BPMP Kalteng, Program Penguatan Literasi dan Numerasi oleh Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Tengah atau BBPKT,  Strategi Peningkatan Kemampuan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran di Sekolah oleh IAIN Palangka Raya dan Upaya SMAN 5 Palangka Raya dalam Menguatkan Semangat Berliterasi oleh SMAN 5 Palangka Raya.

"Mari bersama-sama menguatkan semangat beragam literasi untuk mewujudkan generasi yang literat dengan motivasi, partisipasi, fasilitasi, dan konsistensi. Semoga harapan dengan aksi nyata bisa diwujudkan," tutup Lukman. (TESTI PRISCILLA/H)

Berita Terbaru