Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Juli 2024, Fakultas Kedokteran UMPR Terima Mahasiswa Baru

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 10 Maret 2024 - 13:30 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) ditargetkan mulai menerima mahasiswa baru pada Juli 2024.

"Target kita Fakultas Kedokteran sudah operasi Mei-Juni 2024, kemudian Juli-Agustus menerima mahasiswa baru dan September mulai perkuliahan," kata Rektor UMPR Muhammad Yusuf, Sabtu, 9 Maret 2024.

Pendirian Fakultas Kedokteran UMPR merupakan program lama. Pihaknya telah merencanakan pendirian Fakultas Kedokteran pada tahun 2017.

Bahkan pendirian fakultas kedokteran UMPR telah dibahas dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada saat itu. Namun perizinannya masih moratorium.

"Sekarang sudah dibuka moratoriumnya dan kita ajukan kelayakan hasilnya dinilai layak," ujarnya.

Persiapan pembukaan fakultas kedokteran sudah berjalan. Pada 6 Maret 2024 pihaknya telah melalui visitasi oleh Direktorat Jenderal (Dirjen) Tenaga Kesehatan Kementerian Kesehatan.

"Mereka akan mengeluarkan kajian dan rekomendasi setelah itu baru kita proses di Kementerian Pendidikan," katanya.

UMPR juga telah menggandeng RSUD dr Murjani Sampit untuk menjadi Rumah Sakit Pendidikan Utama bagi mahasiswa fakultas kedokteran yang telah mengenyam 7 semester pendidikan di kampus. Proses pembentukan rumah sakit pendidikan ini terus berjalan seiring proses perizinan pembukaan fakultas kedokteran UMPR. 

Lanjutnya, pertengahan Ramadan rencananya ada bimbingan teknis dan proses akhirnya visit lapangan antara tim Kementerian pendidikan, Kementerian Kesehatan, dan asosiasi.

"Itu penilaian terakhir sehingga kelayakan kita mendapat izin operasional pembukaan fakultas kedokteran," tandasnya.

Berita Terbaru