Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Staf Ahli Diharap Mampu Bantu Kepala Daerah Pecahkan Problematika

  • Oleh Hermawan Dian Permana
  • 11 Maret 2024 - 22:10 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya – Sekretaris Daerah (Sekda) Kalteng Nuryakin berharap peran staf ahli (sahli) kepala daerah dalam membantu memecahkan problematika yang terjadi.

"Pada prinsipnya, keberadaan Staf Ahli diharapkan dapat membantu kepala daerah, khususnya dalam mengatasi berbagai permasalahan yang dihadapi sehubungan dengan beratnya beban tugas yang dipikul oleh Kepala Daerah," tuturnya saat rakor di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng.

Ia menjelaskan fungsi Sahli Kepala Daerah meliputi penyiapan telaahan pelaksanaan tugas atas petunjuk Kepala Daerah, penyiapan saran atas kebijakan dan rekomendasi, pelaksanaan koordinasi serta pelaporan tugas kepada Kepala Daerah.

Termasuk melakukan telaahan dalam Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, serta Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia.

“Staf Ahli juga membantu Kepala Daerah dalam menyampaikan pemikiran, saran, pertimbangan dan telaahan yang berkaitan dengan tugas dan wewenang Kepala Daerah," ujar Sekda.

Nuryakin berharap dengan adanya peningkatan peran serta Sahli, kebijakan-kebijakan yang dilakukan Kepala Daerah, baik itu Gubernur, Bupati dan Wali Kota telah melalui pertimbangan dari berbagai aspek sesuai dengan bidang masing-masing Sahli. (HERMAWAN DP/H)

Berita Terbaru