Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Pertahankan Kapuas Bebas Frambusia, Ini Imbauan Dinkes Kepada Masyarakat

  • Oleh Dodi Rizkiansyah
  • 12 Maret 2024 - 16:00 WIB

BORNEONEWS, Kuala Kapuas - Kabupaten Kapuas menjadi salah satu daerah yang telah menerima sertifikat bebas dari penyakit frambusia dari Kementerian Kesehatan di tahun 2024 ini.

Terkait itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kapuas, dr Tonun Irawaty Panjaitan dalam mempertahankan capaian ini memberikan sejumlah imbauan kepada masyarakat.

"Agar tetap terbebas dari penyakit ini, harapannya memang kita agar terus menjaga kebersihan, jaga kesehatan tubuh pola hidup yang sehat," katanya, Selasa, 12 Maret 2024.

Dirinya berharap, semoga tidak ada kasus kasus frambusia dimana ini sebenarnya jenis penyakit tropis yang terabaikan, tentu ini perlu mendapat perhatian semua aspek masyarakat. 

"Sebenarnya frambusia ini disebabkan oleh bakteri, dimana yang lebih dikenal yang namanya penyakit kulit patek, jadi ini disebabkan oleh kondisi lingkungan yang kotor dan lembab, jarang mandi, dan sering berganti pakaiaan satu sama lain, juga disebarkan oleh lalat melalui borok/luka yang ada di kulit," jelasnya.

Sehingga, lanjut dia inilah menjadi pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan tempat tinggal.

Selain itu, dijelaskannya lagi bahwa Kabupaten Kapuas juga menerima sertifikat Kapuas bebas frambusia yang mana untuk mencapai ini sudah digalang minimal dari lima tahun lalu.

"Kita bersyukur pada tanggal 6 Maret 2024 lalu di Jakarta, kita menerima sertifikat itu dari Kemenkes," pungkasnya. (DODI/j)

Berita Terbaru