Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

DPRD Kota Dorong Tumbuh Kembang Usaha

  • Oleh M. Muchlas Roziqin
  • 20 Mei 2016 - 13:35 WIB

BORNEONEWS, Palangka Raya -  Jumlah kegiatan usaha di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, hanya sebanyak 17.548 unit. Data ini berdasarkan catatan per 2015 oleh BPS Kalteng. Letaknya yang menjadi ibu Kota Kalimantan Tengah (Kalteng), tidak menjadikannya unggul secara jumlah. Sebab dibandingkan pemerintah daerah se-Kalteng, Palangka Raya urutan ketiga dihuni pelaku usaha.

Urutan pertama adalah Kabupaten Kapuas sebanyak 35.787 kegiatan usaha (share 19,47%) disusul Kabupaten Kotawaringin Timur sebanyak 30.957 (16,85%). Baru kemudian Kota Palangka Raya (9,55%) dan peringkat dibawahnya Kota Cantik ini adalah Kotawaringin Barat dengan 17.474 (9,51%).

Anggota DPRD Kota Palangka Raya, Alfian Batnakanti menilai, masih ada banyak peluang yang bisa digarap oleh masyarakat Palangka Raya. Yang penting modal semangat wirausaha yang harus terus digaungkan. Banyaknya muncul retail yang masuk di kota Cantik ini menjadi bukti pangsa pasar usaha cukup menjanjikan.

'Peran pemerintah harus tumbuhkembangkan. Tetapi semangat usaha tidak harus didorong dari pemerintah saja, masyarakat juga bisa bersemangat untuk maju dan berkarya melirik peluang. Data kegiatan usaha masih terbilang sedikit dan masih bisa bertambah,' ujarnya, Kamis (19/5/2016).

Maraknya retail, lanjut dia, harus dijadikan contoh dan pemacu untuk memulai usaha. Kreatifitas itu tidak muncul secara tiba-tiba tetapi jika berupaya dengan serius akan menemukan jalan. Apalagi pemerintah sudah berupaya membuka jalan terhadapakses perbankan. Setidaknya melalu penjaminan kredit di PT Jamkrida.

'Kita harap pertumbuhan pelaku usaha mampu mendorong bergeraknya ekonomi rill di Palangka Raya. Apalagi motto kota ini dibangun menyasar tiga hal, yaitu jasa dan pariwisata, serta pendidikan,' tandasnya. (M. MUCHLAS ROZIKIN/N).

Berita Terbaru