Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Warga Rasakan 2 Kali Getaran Gempa, BMKG Imbau Begini

  • Oleh Dewi Patmalasari
  • 22 Maret 2024 - 18:00 WIB

BORNEONEWS, Sampit - Warga Sampit merasakan 2 kali getaran gempa yang berpusat di timur laut Tuban, Jawa Timur, Jumat, 22 Maret 2024.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi H Asan Kotawaringin Timur (Kotim) Musuhanaya melalui Prakirawan Suci Priatin Ningsih mengatakan, gempa pertama bermagnitude 6.0 terjadi pukul 11:22:45 WIB, lokasi 5.14 lintang selatan, 112.32 bujur timur atau 132 km Timur Laut Tuban, Jawa Timur dengan kedalaman 10 Km.

Lanjutnya, gempa susulan terjadi pukul 15:52:58 WIB magnitude 6,5 pusat gempa masih berada di 130 km timur laut Tuban, Jawa Timur atau 363 km dari Sampit. Gempa tersebut tidak berpotensi menimbulkan tsunami.

Suci mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

"Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," ujarnya.

Sementara itu, warga sampit dibuat geger dengan kejadian tersebut. Sejumlah warga berbondong-bondong keluar rumah setelah merasakan getaran yang sempat diduga kendaraan berat lewat, terutama saat gempa susulan dirasakan kurang lebih 8 detik.

Belum ada keterangan resmi wilayah Kotim mana saja yang turut merasakan gempa. Namun warga Kecamatan Pulau Hanaut, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, dan Kecamatan Baamang. (DEWI PATMALASARI/j)

Berita Terbaru