Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

OIKN Kembangkan Ekonomi Kreatif Kota Nusantara dengan Susun Talanpekda

  • Oleh ANTARA
  • 23 Maret 2024 - 18:40 WIB

BORNEONEWS, Penajam Paser Utara - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengembangkan ekonomi kreatif (ekraf) di Kota Nusantara yang dibangun di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur, dengan menyusun peta jalan pengembangan ekraf daerah (Talanpekda).

"Kami sedang lakukan proses susun Talanpekda untuk kembangkan ekraf di Kota Nusantara," kata Direktur Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif OIKN Muhsin Palinrungi di Penajam, Sabtu, 23 Maret 2024.

Direktorat Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif OIKN telah menggelar forum diskusi melibatkan pemangku kepentingan di antaranya pemerintah daerah dan pengelola destinasi wisata di kawasan Kota Nusantara.

Diskusi penyusunan Talanpekda dilakukan pada Kamis (21/1), jelas dia, dan berbagai masukan dari pemangku kepentingan yang menghadiri forum diskusi itu dihimpun tim.fasilitasi yang telah dibentuk.

Selanjutnya tim fasilitasi bakal melakukan kunjungan lapangan di enam kecamatan yang menjadi kawasan Kota Nusantara untuk mengumpulkan data pendukung.

"Kami sudah lakukan beberapa tahap untuk susun Talanpekda itu, dan ditarget penyusunan selesai pada Mei 2024," ujarnya.

Talanpekda sebagai dokumen panduan Direktorat Kebudayaan, Pariwisata dan Ekonomi Kreatif OIKN merencanakan program dan kegiatan pengembangan ekraf di Kota Nusantara, ibu kota negara masa depan Indonesia.

Pengembangan ekraf di Kota Nusantara sebagai sektor yang harus diprioritaskan karena tidak hanya berkontribusi terhadap perekonomian Indonesia, tetapi juga berdampak positif terhadap aspek sosial, budaya, dan lingkungan.

"Ekraf dapat tumbuhkan perekonomian secara inklusif dan berkelanjutan, serta mengangkat citra positif dan identitas bangsa, juga melestarikan budaya dan lingkungan," ucapnya.

Kemudian menumbuhkan kreativitas yang mendorong inovasi dan meningkatkan toleransi sosial antar seluruh lapisan masyarakat karena adanya peningkatan pemahaman antar budaya.

Berita Terbaru