Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Lemkapi: 85,7 Persen Masyarakat Puas Atas Kinerja Polri Amankan Pemilu

  • Oleh ANTARA
  • 24 Maret 2024 - 21:20 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan merujuk survei yang menyebutkan sebanyak 85,7 persen masyarakat puas atas kinerja Polri dalam mengamankan seluruh tahapan Pemilu 2024.

"Masyarakat melihat situasi keamanan terjaga dengan baik berkat kerja keras dan sinergi yang baik antara Polri dan TNI," kata dia dalam keterangannya di Jakarta, Minggu.

Survei kinera Polri ini dilakukan pada periode 9 Maret-22 Maret 2024 yang melibatkan 1.200  responden dari warga negara Indonesia (WNI) berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Edi yang juga dosen Pascasarjana Universitas Bhayangkara Jakarta itu lalu mengatakan masyarakat senang melihat kekompakan Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo dengan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto yang mana keduanya saling mengisi dan bersama-sama turun ke bawah saat masa kampanye dan pelaksanaan Pemilu 2024.

Selain keberhasilan mengamankan Pemilu 2024, imbuh dia, hal lain yang membuat masyarakat puas pada pelayanan keamanan Polri adalah pendekatan yang mereka lakukan seperti melalui kegiatan 'Jumat Curhat' atau 'Minggu Kasih'.

Menurut Edi kegiatan ini berjalan baik hingga ke wilayah kecamatan karena kerap melibatkan TNI dan unsur Muspida.

"Kegiatan 'Jumat Curhat' dan 'Minggu Kasih' ini disukai masyarakat karena mereka jadi lebih mudah menyampaikan berbagai persoalan kepada kepolisian," kata dia.

Kemudian, Edi juga mengapresiasi kecepatan Polri dalam merespons berita-berita hoaks yang marak saat menjelang dan sesudah Pemilu 2024 sehingga membuat masyarakat puas.

Di sisi lain, sekitar 11,2 persen responden mengaku tidak puas atas pelayanan keamanan yang dilakukan Polri. Mereka yang belum puas ini beralasan terpengaruh dengan pemberitaan hoaks di berbagai media sosial yang terus menyorot profesionalisme dan pelayanan Polri.

"Kita harapkan, hasil survei pelayanan keamanan ini akan menjadi masukan kepada jajaran Polri dalam meningkatkan kinerja di tengah masyarakat," demikian ujar dia.

ANTARA

Berita Terbaru