Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Ini Rincian Distribusi Zakat Fitrah dan Harta Keluarga H. Abdul Rasyid AS - Hj. Nuriyah di Kalteng

  • Oleh Wahyu Krida
  • 28 Maret 2024 - 18:11 WIB

BORNEONEWS, Pangkalan Bun - Terdapat agenda rutin tahunan yang selalu dilakukan oleh keluarga Pengusaha  Nasional asal Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Provinsi Kalteng H. Abdul Rasyid AS - Hj. Nuriyah saat bulan Ramadan dan  jelang Idul Fitri.

Agenda rutin tahunan tersebut berupa pendistribusian zakat fitrah dan harta keluarga Owner Citra Borneo Indah (CBI) Group tersebut pada masyarakat Kalteng.

Tahun ini Keluarga H. Abdul Rasyid AS - Hj. Nuriyah mengeluarkan zakat fitrah dan harta dengan total  500 ton beras yang kemudian dikemas dalam 50.000 sak serta 100.000 liter minyak goreng, ditargetkan bisa selesai didistribusikan 1 minggu sebelum Idul Fitri 1445 H.

Salah seorang anak pengusaha tersebut yang saat ini dikenal sebagai CEO Abdul Rasyid Foundation dan Klinik Bisnis, Monica Putri Rasyid mengatakan terdapat 2 tahapan penyaluran zakat keluarganya ini.

"Penyaluran tahap 1 telah dilaksanakan 28 Februari - 1 Maret 2024. Zakat tersebut disalurkan di 20 Kelurahan/desa di wilayah Pangkalan Bun dan Kumai sebanyak 12.746 sak beras dan 25.487 liter minyak goreng," jelasnya.

Kemudian, menurut Monica Putri Rasyid, penyaluran zakat tahap 2, mulai dilakukan tanggal 27 Maret 2024.

"Terdapat 2 trip atau pemberangkatan armada pengangkut zakat dalam penyaluran tahap 2 ini. Trip 1 dilakukan 27 Maret 2024 untuk penyaluran pada 7 Kabupaten dan 1 Kota yaitu Kotawaringin Barat, Lamandau, Sukamara, Kapuas, Pulang Pisau, Seruyan, Sukamara, Kotawaringin Timur, Palangka Raya sebanyak 28.665 sak beras dan 57.330 liter minyak goreng," jelasnya lagi.

Setelah itu, menurut Monica Putri Rasyid, penyaluran zakat tahap 2 pada trip 2 dilakukan tanggal 28 - 30 Maret 2024.

"Zakat tersebut disalurkan pada beberapa panti asuhan dan Pondok Pesantren di Kabupaten Kobar dan Lamandau sebanyak 8.589 sak beras dan 17.178 liter minyak goreng," jelasnya.

Monica Putri Rasyid juga mengatakan bagi panitia penyaluran zakat tersebut yang terdiri dari internal perusahaan hingga partisipasi Lurah Kades dan RT harapannya bisa menyalurkan tepat sasaran, sehingga zakat tersebut bisa diterima mustahiq atau pihak yang berhak menerima zakat.

"Dalam penyaluran zakat fitrah dan harta tahun ini kami juga bekerjasama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Lembaga Amil Zakat (Yayasan Kesejahteraan Madani (Laz Yakesma) serta  Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (Lazisnu)," pungkasnya. (WAHYU KRIDA/R)


TAGS:

Berita Terbaru