Aplikasi Pilkada / Software Pilkada Terbaik Untuk memenangkan Pilkada 2020

IT Konsultan Terbaik Indonesia

Puasa Mempertebal Kesadaran Ketuhanan

  • Oleh ANTARA
  • 06 April 2024 - 19:40 WIB

BORNEONEWS, Jakarta - Bulan Ramadhan yang dicintai umat Islam di dunia sebentar lagi pergi. Demikian pula perintah Allah pada orang beriman untuk berpuasa di Bulan Ramadhan segera berakhir.

Di pengujung Ramadhan, apakah orang-orang yang beriman akhirnya berhasil meraih predikat orang yang bertakwa

Lalu apa sesungguhnya predikat tersebut sehingga umat Islam harus bersusah payah puasa selama sebulan penuh untuk mencapainya

Takwa dalam Bahasa Indonesia diserap langsung dari Bahasa Arab yaitu taqwa. Bahasa Indonesia beruntung banyak menyerap Bahasa Arab tanpa banyak mengubah diksi aslinya.

Takwa, sabar, shalat, iman, dan kitab merupakan contoh-contoh kata dalam Bahasa Indonesia yang diserap dari Bahasa Arab tanpa perubahan besar diksinya. Tentu hal tersebut memudahkan orang Indonesia jika mau untuk belajar Bahasa Arab karena kosa katanya sudah sangat akrab di telinga.

Namun, keberuntungan di satu sisi tersebut sebetulnya di sisi yang lain sangat problematis. Serapan langsung tersebut membuat makna kata dari Bahasa Arab itu sulit dicerna karena belum tentu padanan katanya diketahui secara luas.

Takwa, bahkan menjadi predikat yang terbaik di antara manusia yang beragam. Disebutkan bahwa manusia yang paling mulia di antara manusia yang beragam gender, suku, bentuk, status sosial adalah manusia yang paling bertakwa.

Imam Ghazali dalam Kitab Minhajul Abidin menjelaskan definisi takwa yang saat ini paling sering disebutkan para khatib di setiap mimbar Jum’at.

Takwa adalah "menjalankan segala perintah Allah dan menjauhi segala larangan Allah". Dengan demikian dapat diartikan tujuan berpuasa adalah membentuk pribadi yang bertakwa, yaitu pribadi manusia yang mampu menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangan Allah.

Namun, terdapat juga sebagian ahli yang mengartikan takwa sebagai takut. Ada pula yang mengartikan sebagai kehati-hatian.

Berita Terbaru